Jakarta – SMPK 7 PENABUR Jakarta telah mengadakan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) pada hari Sabtu, 17 Januari 2017 lalu. Topik hangat pada KKO  yaitu “ Mama Papa Tempat Curhat”, topik yang dibahas adalah informasi tentang membangun komunikasi yang baik dan tepat  pada anaknya yang sudah bertumbuh menjadi remaja, sehingga terbina relasi antara orang  tua dan anak.

Mengapa banyak remaja tidak menjadikan orang tua tempat curhatnya ? Dan mereka lebih tertarik curhat pada teman-temannya. Hal ini terjadi karena kekurang-pekaan orang tua pada saat anak membutuhkan komunikasi dengan orang tua atau karena orang tua terlalu sibuk dan kurang memahami anaknya yang sudah remaja atau sebaliknya. Oleh karena itu KKO topik “Mama dan Papa Tempat Curhat“ ini memberikan informasi, mengingatkan dan melatih  ketrampilan orang tua agar meningkatkan komunikasi dengan anaknya yang sudah remaja serta siap menjadi tempat curhat bagi mereka.

Adapun saran  untuk meningkatkan komunikasi, sebagai berikut dibawah ini :

  1. Menggunakan percakapan langsung dan tidak langsung
  2. Menciptakan kesempatan berbicara
  3. Memperhatikan pesan non verbal
  4. Berpikir sebelum bicara dan menggunakan kata-kata positif
  5. Bersikap hangat dan memperhatikkan sungguh-sungguh.
  6. Mendengarkan dengan empati
  7. Mau berbagi pengalaman hidup saat gagal dan berhasil

Dengan mendapatkan saran atau masukan dari KKO ini maka orang tua dapat lebih mudah memahami anaknya, berkomunikasi, menjalin relasi yang baik dan bisa menjadi tempat curhat bagi anaknya.

Ibu Windry

Ibu Windry Ester Aurora, S.Psi (Guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta)  yang menyampaikan materi dengan penuh sukacita dan semangat melayani, sehingga orang tua berpartisipasi aktif, antusias dan mendapatkan berkat dan tahu bagaimana menjadi tempat curhat anaknya. Ibu Windy sendiri sehari-hari bertugas menangani siswa-siswi kelas 7.

Para orang tua mendapatkan informasi yang jelas, tuntas dari pembicara dan juga mendapat pengetahuan dari  sharing orang tua yang lainnya. Dan diakhir para orang tua saling mendoakan untuk melibatkan Tuhan dalam mendidik anak dan juga mendoakan anak-anaknya agar menjadikan orang tua tempat curhatnya dan menjadi berkat bagi sesamanya.

Penulis: Ibu Yuliana, S.Pd (Guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta)