Tangerang – Pada hari Sabtu 21 Januari 2017 SMPK PENABUR Kota Modern mengadakan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) pertemuan ke lima dengan topik ”Papa Mama Tempat Curhat”. KKO kali ini dibawakan oleh Ibu Yuni Rahardjo (Guru BK SMPK 1 PENABUR Jakarta). KKO ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh orang tua siswa kelas 7 yang berjumlah 13 orang. Metode yang digunakan dalam pertemuan ini adalah ceramah, sharing dan tanya – jawab mengenai pengalaman orang tua dalam berkomunikasi dengan anak remajanya.

Ibu Yuni memaparkan banyak orang tua yang mengalami kesulitan untuk menjadi tempat curhat bagi anak-anaknya terutama ketika mereka mulai menginjak masa remaja. Kesulitan tersebut dapat disebabkan karena kesibukan pekerjaan orang tua ataupun strategi dalam komunikasi yang kurang tepat. Dalam berkomunikasi dengan remaja, orang tua perlu belajar gaya atau strategi komunikasi yang tepat bagi remaja, selain itu harus disertai sentuhan dari hati ke hati sehingga remaja akan merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi.

Beberapa saran yang dijelaskan untuk meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan remaja, adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan percakapan tidak langsung dengan remaja putra, dan percakapan langsung dari hati ke hati dengan remaja putri.
  2. Menciptakan kesempatan berbicara
  3. Memperhatikan pesan non verbal
  4. Berpikir sebelum bicara dan belajar menggunakan kata-kata positif
  5. Bersikap hangat dan berikan perhatian sungguh-sungguh.
  6. Mendengarkan dengan empati
  7. Mau berbagi pengalaman hidup saat gagal dan berhasil

Harapan dari KKO pada pertemuan ke lima ini adalah para orang tua mampu menjadi tempat curhat bagi anaknya dengan cara mengerti dan berusaha menerapkan gaya komunikasi yang tepat, sehingga para remaja dapat dengan mudah menaruh kepercayaan kepada orang tua untuk mau membuka diri dan bercerita tentang diri serta dunianya, sehingga pada akhirnya orang tua dapat menjadi tempat curhat yang nyaman bagi para remaja.

Penulis: Ibu Tirza Maynike Oping (Guru BK SMPK PENABUR Kota Modern)