Jakarta – Suasana pagi yang mendung pada hari Sabtu, 4 Februari 2017 ternyata tidak mematahkan semangat guru BK dan orang tua peserta KKO SMPK 5 PENABUR Jakarta untuk melaksanakan pertemuan ke-3 Level 1 di tahun pelajaran 2016-2017 ini. Pukul 07.30 aneka kue dan kopi instan telah tertata rapi di meja, siap ‘menyambut’ orang tua yang mungkin belum sempat sarapan pagi. Tidak lama kemudian, Ibu Chrisanty Samuels (Ibu Santy –red), guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong, fasilitator KKO yang bertugas menyampaikan materi, tiba di tempat setelah melalui perjalanan kurang lebih 2 jam lamanya.

Sekitar pukul 07.50 orang tua mulai berdatangan. “Harusnya lantainya sampai lantai 10 Bu, supaya olah raga”, komentar seorang Bapak sambil tersenyum bercanda menyapa Guru BK yang menyambutnya. “Oo.. kalau begitu Bapak turun saja lagi, kemudian naik lagi Pak..!”, balas sang guru disambung dengan tawa keduanya. Beliau mungkin adalah salah satu dari 51 orang tua yang hadir hari itu yang berusaha berpikir positif ketika harus menaiki tangga hingga lantai 4 demi menuju Ruang Aula tempat dilaksanakannya KKO.

KKO berlangsung kurang lebih 2 jam lamanya. Ibu Santy dengan lugas menyampaikan berbagai informasi seputar pertumbuhan kematangan remaja sesuai topik “Remajaku Matang, Remajaku Sayang”. Terlihat orang tua menyimak dengan antusias khususnya informasi baru yang belum mereka ketahui. Tidak sedikit orang tua yang mau bertanya dan tidak ragu berbagi pengalaman baik di kelas besar maupun dalam kelompok. Lembar evaluasi yang dikumpulkan di akhir kegiatan menunjukkan hampir semua orang tua sangat setuju KKO hari ini bermanfaat  untuk orang tua dan anak. Para peserta juga bersedia menerapkan apa yang telah diperoleh.

Penulis: Ibu Olivia Kristanti (Guru BK SMPK 5 PENABUR Jakarta)