Jakarta – SMPK 4 PENABUR Jakarta telah mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) topik 5 pada hari Sabtu, 18 Februari 2017. Topik yang diangkat dalam KKO yaitu “Papa Mama Tempat Curhat” yang membahas tentang cara bagaimana anak dengan rasa nyaman menjadikan orang tua sebagai tempat curhat yang dapat dipercaya.

Remaja seringkali lebih terbuka dengan teman sebayanya. Mereka menganggap orang tua tidak mampu mengerti dan memahami mereka, karena seringkali orang tua menunjukkan ekspresi dan emosi yang tidak diharapkan anak karena curhatan sang anak yang mengecewakan orang tua. Beberapa anak juga menganggap orang tua mereka terlalu sibuk dan tidak ada waktu untuk mendengarkan mereka. KKO topik ini diharapkan dapat memberikan informasi yang tepat bagi orang tua untuk melatih diri dalam meningkatkan kepedulian terhadap anak yang sedang memasuki usia remaja. Salah satu upaya orang tua dalam menjadikan dirinya sebagai tempat curhat anak, yaitu dengan adanya komunikasi yang baik. Berikut 7 saran meningkatkan komunikasi orang tua – anak:

  1. Menggunakan percakapan langsung dan tidak langsung
  2. Menciptakan kesempatan untuk berbicara
  3. Memperhatikan bahasa tubuh
  4. Mendengarkan dengan empati
  5. Memperhatikan sungguh-sungguh
  6. Gunakan kata-kata positif dan perhatikan nada bicara
  7. Menceritakan pengalaman hidup

Dengan adanya kegiatan KKO ini diharapkan orang tua dapat meningkatkan kualitas kebersamaan dengan anak sehingga dapat terbentuk rasa percaya dan saling memberikan dukungan dalam keluarga.

Topik ini dibawakan oleh Bapak Natanael Dwi Sulistianto, M.Psi dari SMPK PENABUR Harapan  Indah. Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00. dihadiri oleh 27 peserta (orangtua siswa kelas 7). Orangtua proaktif bertanya kepada pembicara dan dalam memberikan saran kepada orang tua lain. Beberapa orangtua juga menceritakan mengenai pengalamannya dengan anak dalam membangun komunikasi yang baik. Pembicara juga menyampaikan bahwa pendekatan terhadap anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan.

Penulis: Ibu Juliana Hariyanto (Guru BK SMPK 4 PENABUR Jakarta)