Jakarta – Ditengah-tengah kejenuhan menghadapi try out yang hampir setiap hari mereka hadapi, pada hari Senin, 27 Februari 2017 siswa kelas 6 SDK 9 PENABUR Jakarta diajak mengikuti Motivation Training yang dibawakan oleh Tim Motivation Training Guru BK SD PENABUR. Siswa diajak untuk meningkatkan motivasi berprestasinya dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi USBD. Materi diberikan dalam 2 sesi, yaitu “Enjoy Learning” dan “Hidup Berawal dari Mimpi”, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan mengenai materi tersebut, tetapi juga diselingi dengan permainan dan dinamika kelompok.

“Enjoy Learning” dimulai dengan kalimat pembuka : KITA BERHARGA dan BERPOTENSI, yang artinya apa dan bagaimanapun kita pasti berharga dan memiliki potensi, jadi kita harus mengembangkan potensi yang kita punya. Lalu dilanjutkan dengan pembahasan mengenai belajar, gaya belajar, serta strategi menghadapi ujian.

Sesi kedua mengusung thema “Hidup Berawal dari Mimpi”, mengapa begitu?

Hidup kita lebih bermakna, lebih indah dan lebih bersemangat jika kita memiliki impian. Oleh karena itu dikatakan hidup itu berawal dari mimpi/impian. Setiap orang tentunya mempunyai mimpi/impian kalau ingin hidupnya lebih “HIDUP”. Karena itu bermimpilah dan kejarlah mimpimu!!! Tuhan menciptakan kita dengan sebuah rencana yang mulia. Oleh karena itu kita harus percaya kalau Tuhan menghendaki kita memiliki impian-impian positif yang harus dicapai dalam hidup kita. Impian itu sumber motivasi. Motivasi adalah yang menggerakkan/ mendorong kita untuk melakukan sesuatu.  Supaya impian kita mempunyai kekuatan bagi diri kita untuk menggerakkan/ memotivasi, maka impian itu harus jelas. Jelas apa yang mau dicapai/dikejar. Impian yang kita miliki adalah impian yang masuk akal untuk dapat dicapai, memungkinkan untuk bisa dicapai. Setelah kita  menetapkan apa yang menjadi impian kita dengan jelas, maka impian itu perlu diwujud nyatakan.

Motivation Training berlangsung dari pk 09.20 – 13.40, peserta didik mengikuti dengan enjoy, terlebih saat dinamika kelompok mereka membuat tugasnya diiringi dengan lagu-lagu yang mereka suka….refreshing ditengah-tengah rasa jenuh menghadapi try out…..semangat anak-anakku, kerja keras kalian pasti akan membawa hasil yang baik…Tuhan Yesus Memberkati kalian semua.

Penulis: Ibu Anita Anggraini (Guru BK SDK 9 PENABUR Jakarta)