Jakarta – Pada hari Sabtu, 18 Februari 2017 yang lalu, SDK 11 PENABUR Jakarta (Sunrise Garden) mengadakan seminar bagi orang tua siswa, dengan tema “Melatih Kecerdasan Emosi”. Seminar tersebut dibawakan oleh Ibu Rosalina Kristyanti, Ph.D dan dihadiri orang tua siswa-siswi kelas 1 – 4 SD. Seminar yang dimulai pukul 07.00 dan selesai pukul 10.15 ini diikuti dengan antusias oleh para orangtua. Bahkan setelah seminar telah selesai, masih ada beberapa orangtua yang masih bertanya secara langsung ke pembicara seminar, Ibu Rosa. Poin penting dari seminar kecerdasan emosi kali ini adalah bahwa kecerdasan emosi lebih penting dari kecerdasan intelektual karena membantu individu dalam proses adaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar serta kehidupan pada umumnya.

Kecerdasan emosi pun terdiri atas 5 (lima) komponen, yaitu (1) kemampuan mengenali emosi diri, (2) kemampuan mengelola emosi, (3) kemampuan memotivasi diri, (4) kemampuan mengenali emosi orang lain, dan (5) kemampuan membina hubungan.

Seseorang dikatakan sudah “Cerdas Emosi” jika ia sudah dapat mengenali emosi dirinya sendiri, jika ia dapat mengontrol dirinya, jika ia dapat memotivasi dirinya sendiri, jika ia dapat mengenali emosi orang lain, dan jika ia dapat membina hubungan dengan orang lain. Apakah kelima komponen ini sudah dimiliki anak kita?

Penyampaian Materi

Peserta Seminar

Sesi Tanya Jawab

Sesi Tanya Jawab

Penulis : Ibu Rebecca Riska Angkouw, S.Psi (Guru BK SDK 11 PENABUR Jakarta)