Menghadapi tantangan di penghujung tahun pelajaran 2016/2017, bagi siswa kelas 9 SMPK PENABUR Kota Modern adalah sebuah kenistayaan yang tidak bisa ditawar – tawar atau hanya di pandang sebelah mata. Komitmen pribadi dan komitmen satu angkatan harus terus digaungkan dan diwujudnyatakan dalam spirit keberhasilan. Sudah barang tentu hal itu tidak mudah karena serangkaian ujian akan mereka hadapi, yaitu Ujian Praktik, USBN dan UNBK yang kesemuanya perlu dipersiapakan dan tentunya diperjuangkan.

Menyadari tantangan yang dihadapi oleh siswa kelas 9 tidak mudah,  maka sekolah mengadakan kegiatan Motivation Training dan Character Camp bagi siswa kelas 9 SMPK PENABUR Kota Modern, Jumat – Sabtu, 10 – 11 Februari 2017 yang lalu dengan tema “Membangun Mental Juara” dan sub tema “Bakar Semangat”. Tema dan Sub tema ini diangkat bukan tanpa alasan. Secara akademik siswa kelas 9 sudah banyak persiapan yang mereka lakukan, diataranya latihan soal, pendalaman materi, try out, Uji Coba Ujian Nasional, dan juga pemantapan, bahkan dihari sabtu pun mereka masuk sekolah untuk mengikuti Bimbingan Tahap Akhir ( BTA ). Sudah barang tentu hal itu menguras energy fisik dan mental mereka, sehingga semangat mereka perlu untuk dijaga bahkan terus ditingkatkan. Jangan karena kelelahan atau kebosanan, mereka mengabaikan fokus dan konsentrasi mereka untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Kegiatan Motivasi Training dan Character Camp ini dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah SMPK PENABUR Kota Modern, Bapak Drs. Nunung Agus Susanto, MM yang pada kesempatan ini berpesan untuk seluruh peserta kelas 9 untuk mengikuti dengan sungguh – sungguh pelatihan selama dua hari ini dalam rangka mempersiapkan mental juga memupuk motivasi kebersamaan dan pribadi dalam menghadapi tantangan ujian yang sudah di depan mata, yaitu Ujian Pratek, USBN dan UNBK.

Pada sesi pertama dibawakan oleh Bapak Cahyo Purnomo, S. Pd bertema “Membangun Mental Juara”. Sesi ini diisi dengan berbagai games kelompok untuk menumbuhkan kebersamaan dan solidaritas angkatan dan juga saling mendukung satu dengan yang lain. Masing – masing pribadi harus fokus dan konsentrasi dalam mencapai tujuan yaitu lulus dengan nilai maksimal. Peserta diajak mau terlibat aktif dan saling menopang, demikian persiapan ujian adalah tugas masing – masing akan tetapi satu dengan yang lainnya juga harus mau saling mendukung dan menopang satu dengan yang lain agar suasana kebersamaan dapat tercipta dan lebih kompak satu angkatan.

Sesi kedua setelah makan malam bersama yang penuh keakraban dan kebersamaan; siswa mendapatkan materi tentang “Aku Pribadi yang Berharga” yang dibawakan oleh Bapak Paulus Jeffry S. Pd. Pada sesi ini siswa diajak melihat bahwa dirinya adalah pribadi yang berharga dimata Tuhan dan juga sudah pasti dimata orang tua dan keluarga. Masing – masing pribadi harus menyadari begitu penting hidup mereka dan perlu diisi untuk sesuatu yang berarti, sehingga setiap momen yang terjadi perlu diusahkan yang terbaik dan semaksimal mungkin.

Pukul 22.00 siswa mengikuti “Dedication service”. Para siswa diajak memiliki komitmen yang kuat melalui penyadaran bahwa sudah banyak orang yang berkorban untuk dirinya. Orang tua dengan segala kekurangan dan kelebihannya memberikan yang terbaik bagi dirinya; Bapak Ibu guru yang memberikan yang terbaik bagi dirinya. Pada kesempatan ini seluruh siswa dibasuh kakinya sebagai tanda penerimaan juga pengampunan, sehingga mereka bisa dengan lapang dada menghadapi semua proses kedepan. Pada kesempatan ini juga siswa juga mendapat kesempatan untuk minta maaf dan memberi maaf kepada sesama teman.

Hari sabtu, 11 Februari 2017 kegiatan Motivasi Training dan Character Camp ditutup dengan Ibadah dengan tema “Membangun Percaya Diri Sekokoh Batu Karang” yang dipimpin oleh Ibu Pendeta Lasma Siregar. Melalui kotbahnya ibu Pendeta mengajak para siswa untuk memiliki semangat dan ketekunan yang sungguh – sungguh dalam menjalani masa akhir studinya di SMPK PENABUR Kota Modern dan memiliki percaya diri yang teguh sehingga tidak terombang – ambing pada situasi yang tidak pasti dan terus berharap pada kebaikan Kristus.

Demikian kegiatan Motivasi Training dan Character Camp SMPK PENABUR Kota Modern tahun pelajaran 2016/2017. Begitu banyak kesan dan nilai yang tertanam dengan sebuah harapan, itu semua tertanam dalam diri para siswa kelas 9 SMPK PENABUR Kota Modern dan menjadikan mereka pribadi – pribadi juara.

Penulis: Bapak Cahyo Purnomo, S. Pd (Guru BK SMPK PENABUR Kota Modern)