Tangerang – Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) ke-6 yang diadakan di SMPK PENABUR Gading Serpong, pada tanggal 4 Maret 2017 yang lalu, membahas topik disiplin dengan cara yang berbeda. Disiplin tidak sama dengan hukuman atau kekerasan. Ibu Yunianti, S.Pd (guru BK SMPK 1) yang pada hari itu menjadi pembicara, mengulas dengan sangat jelas “The Art of Discipline”. Dalam proses penerapan disiplin, ada dua hal yang ditekankan. Yang pertama adalah dengan melakukan encouragement (dorongan) dan yang kedua adalah dengan konsekuensi. Encouragement yang dimaksud di sini adalah bagaimana orang tua mampu mendorong anaknya berbuat kebaikan—terlebih secara moral—dengan cara memberikan bahasa kasih yang tepat kepada anak. Ada 5 bahasa kasih yang bisa disampaikan kepada anak-anak remaja dalam mendorong mereka, yaitu kata-kata (dapat berupa pujian dan pengakuan), sentuhan (dapat berupa pelukan, tepukan dan rangkulan), pelayanan (bantuan), waktu berkualitas (mendengarkannya bercerita, sharing), serta hadiah (benda sehari-hari yang disukai anak). Jadi, penting bagi orangtua untuk mengetahui bahasa kasih yang dibutuhkan oleh anak, agar dapat mendorong mereka berperilaku atau berbuat sesuai yang diharapkan.

Selain bahasa kasih, orang tua juga diajak untuk memahami bagaimana menerapkan konsekuensi jika anak melakukan kesalahan tanpa menimbulkan luka batin dan juga konflik antara orang tua dan remaja.

Sejumlah 55 orang tua yang menghadiri KKO ini terlihat begitu antusias mendengarkan dan juga semangat membagikan pengalaman-pengalaman mereka dalam proses kedisiplinan yang pernah mereka terapkan di rumah.

Intisari yang bisa didapatkan dari pertemuan ini adalah : sebagai orang tua, kita harus menyeimbangkan antara “tangan kanan” dan “tangan kiri dalam mendorong anak-anak kita. Tangan kanan untuk mengasihi dengan sepenuh hati, tangan kiri untuk menerapkan kedisiplinan dengan tegas, seturut cara Allah. Semoga pertemuan KKO ini, memberikan inspirasi yang baik bagi para orang tua murid yang hadir.

Penulis: Ibu Chrisanty Samuels, S.Psi. (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong)