Jakarta – Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) di SMPK 7 PENABUR Jakarta telah sampai di topik ke-6 yang semakin seru dan membuat orang tua bergairah mengikuti KKO. Topik 6 dari KKO di SMPK 7 adalah The Art of Discipline. Dalam bahasa Indonesianya bisa kita artikan sebagai “Seni Mendisiplinkan”. Sudah tentu karena konteksnya adalah orang tua, artinya tujuan dari KKO topik ke-6 ini adalah supaya setiap orang tua dapat mengetahui dan mempraktekan dalam hidup sehari-hari kiat-kiat untuk mendisiplinkan anak.

Pada KKO yang diadakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 ini, SMPK 7 mengundang fasilitator yang berpengalaman dalam dunia KKO selama ini. Beliau adalah Bapak Dramawan S., S. Pd., guru Bimbingan dan Konseling SMPK PENABUR Gading Serpong. Ini kali kedua beliau membawakan KKO di SMPK 7. Orang tua siswa peserta KKO tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Tujuan orang tua membuat anak disiplin tentunya adalah agar anak terdorong untuk maju. Namun, bila cara mendisiplinkannya salah, maka yang akan terjadi justru secara tidak sadar kita sedang mendorong anak untuk mundur. Tentunya sebagai orang tua, kita tidak ingin hal itu terjadi, kan? Maka orang tua sebaiknya berhati-hati.

Topik The Art of Discipline menitik beratkan pada cara mendisiplinkan anak usia pra remaja, yang lebih berfokus pada hubungan orang tua dengan anak ketimbang otoritas (kekuasaan mutlak) orang tua. Anak pada usia pra remaja sudah tidak boleh didisiplinkan dengan cara fisik (pukul, jewer, cubit, dll.), namun melalui komunikasi hati ke hati.

Orang tua yang hadir dalam kali ini sangat aktif bertanya dan berdiskusi. Para orang tua sadar bahwa wadah KKO ini ada untuk saling bertukar informasi dan menambah ilmu dalam mendidik anak.

Tuhan Yesus memberkati.

Penulis: Ibu Windry Ester Aurora (Guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta)