Jakarta – SMPK 4 PENABUR Jakarta telah mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) topik 6 pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 yang lalu. Topik yang diangkat dalam KKO yaitu “The Art of Discipline” yang membahas tentang bagaimana mendisiplinkan anak dengan cara yang menyenangkan.

Kedisiplinan bukanlah suatu hal yang menyenangkan bagi anak. Banyak anak remaja yang berlaku seenaknya dengan mengabaikan aturan yang telah ditetapkan, tidak hanya aturan di sekolah, tetapi juga di rumah. Sebagai orang tua, kompak dengan pasangan penting dalam mendisiplinkan anak, karena anak harus tahu aturan yang ditetapkan oleh orang tuanya. Kelak, disiplin yang diajarkan di rumah akan menjadi jembatan untuk dapat mengikuti disiplin yang diterapkan di sekolah. Orang tua juga harus menetapkan strategi dalam mendisiplinkan anak agar anak tidak merasa terbeban dengan aturan-aturan yang ada. Tidak hanya menyampaikan aturan, orang tua juga harus mendorong anak dan memberikan contoh dalam merealisasikan aturan yang telah disepakati. Dorongan yang diberikan dapat berupa kata-kata, sentuhan, hadiah, waktu yang berkualitas, dan pelayanan orang tua kepada anak. Dalam pelaksanaan proses pendisiplinan, anak memiliki hak untuk mengoreksi kelemahan orangtua, namun tentu tetap ada prinsip-prinsip yang harus dipatuhi.

Dengan adanya kegiatan KKO ini diharapkan orang tua dapat menciptakan cara yang tepat dalam mendisiplinkan anak, dan merasa hal mendisiplinkan sebagai suatu kesenian yang menyenangkan bagi orang tua dan anak. Topik ini dibawakan oleh Ibu Windry E. Aurora, S.Psi, guru BK dari SMPK 7 PENABUR Jakarta. Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00. dihadiri oleh 18 peserta (orang tua siswa kelas 7). Orang tua aktif bertanya kepada pembicara. Orang tua juga diberikan kesempatan untuk saling sharing mengenai cara mendisiplinkan anak dari masing-masing keluarga dalam kelompok.

Penulis: Ibu Juliana Hariyanto (Guru BK SMPK 4 PENABUR Jakarta)