Cibubur – Sabtu, 25 Maret 2017, SDK PENABUR Kota Wisata mengadakan Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO) Level 2 Pertemuan IV. Materi KKO yang terakhir di level 2 ini mengenai “Disiplin : Hubungan/Hukuman, Rangkulan/Pukulan”. KKO mengenai disiplin yang dibawakan oleh Ibu Erin Mutiara Naland, M.Psi ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh orang tua siswa yang berjumlah 25 orang dari kelas 2 dan kelas 3. Agar semua peserta dapat terlibat secara aktif, Ibu Erin mengajak para orang tua peserta KKO untuk sharing secara berkelompok mengenai pengalaman masing-masing yang terkait dengan disiplin. Di akhir pembahasan materi dan sharing, sesuai kesepakatan di pertemuan pertama, orang tua yang hadir minimal 3 pertemuan berhak mendapatkan sertifikat KKO.

Penjelasan mengenai pengertian disiplin berdasarkan Firman Tuhan terdapat dalam Kitab Efesus 6:4 yang berbunyi, “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka dalam ajaran dan nasihat Tuhan”. Efesus 6:4 mengajarkan disiplin secara lemah lembut; dimana kita – para orang tua – harus fokus pada jangka panjang dan hal-hal apa saja yang perlu dikembangkan dari anak. Orang tua juga perlu mengajarkan apa yang harus anak lakukan, bukan hanya apa yang tidak boleh. Selain itu, saat memberikan disiplin pada anak, orang tua sebaiknya mempertimbangkan perasaan anak dan menekankan keamanan serta keselamatan anak.

Dalam membawakan materi mengenai disiplin, Ibu Erin menjelaskan bahwa ada 3 langkah/aturan untuk menerapkan disiplin pada anak. Aturan-aturan yang ditetapkan untuk mendisiplinkan anak bertujuan untuk mempersiapkan anak masuk ke dunia nyata, menyediakan keteraturan dan membuat anak merasa lebih kompeten.

Penulis: Ibu Gita Gafiratri (Guru BK SDK PENABUR Kota Wisata)