Jakarta – Sabtu kedua pada bulan Maret ini, SMPK 2 PENABUR Jakarya kembali mengadakan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO). KKO ke 6 dengan tema “The Art Of Discipline” yang dibawakan oleh Ibu Yunianti Rahardjo (Guru BK SMPK 1 PENABUR Jakarta) ini tepatnya dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017. Guru BK SMPK 2 (Ibu Siane, Ibu Elizabeth dan Ibu Patricia) memulai persiapan dengan menyiapkan konsumsi (snack, teh, kopi, permen), dan hal lainnya dengan rapih. Orang tua pun mulai berdatangan  satu persatu. Tepat pukul 08.00 KKO dimulai. KKO yang dihadiri oleh 16 orang tua siswa ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan berarti. KKO kali ini bertujuan untuk berbagi pengalaman bagaimana cara mendorong dan memotifasi anak, juga bagaimana mendisiplinkan anak.

Ibu Yunianti, mengajak para orang tua untuk dapat mendorong dan memotivasi anak. Ada banyak cara untuk membantu memotivasi dan mendorong anak kita, antara lain adalah dengan pujian, sentuhan dan hadiah (yang tidak berlebihan), pelayanan dan waktu berkualitas. Dengan hal-hal tersebut anak-anak merasa mendapat dukungan dari orang tua, bukan hanya dukungan materi tapi juga dukungan semangat.

Orang tua juga diajak untuk memberlakukan kedisiplinan yang bijaksana untuk anak mereka. Orang tua dapat mengkoreksi perilaku anak dengan tujuan memperbaiki perilaku tersebut. Tetapi anakpun boleh mengkoreksi sikap orang tua dengan catatan dilakukan dengan sopan dan hormat. Masing-masing pihak (orang tua dan anak) harus bisa menguasai diri. Hal tersebut juga bertujuan untuk memperkuat hubungan.

Diharapkan dengan diadakanya KKO dengan tema ini dapat membantu orang tua untuk dapat memotivasi anak dengan menggunakan hati dan tetap dapat bersikap dispilin terhadap anak. Dengan demikian anak merasa mendapat perhatian penuh dari orang tuanya, dan dapat mempererat hubungan orang tua dengan anak.

Penulis: Ibu Elizabeth Suryani (Guru BK SMPK 2 PENABUR Jakarta)