Jakarta – KKO ke 7 di SMPK 2 PENABUR Jakarta berlangsung di minggu terakhir bulan Maret. Dengan persiapan maksimal Guru BK SMPK 2 (Ibu Siane, Ibu Eliz dan Ibu Patricia) siap melaksanakan KKO pada hari Sabtu, 25 Maret 2017. KKO kali ini dibawakan oleh Ibu Tirza M Oping (Guru BK SMPK PENABUR Kota Modern) dengan tema “Tujuh Bendera Peringatan”. Kehadiran orang tua siswa sebanyak 13 orang, ada yang datang sendiri ada yang berpasangan, sangat membantu pelaksanaan KKO berjalan dengan baik.

KKO kali ini bertujuan untuk berbagi informasi dengan orang tua tentang adanya bahaya pada kehidupan anak-anak, selain itu juga membantu orang tua untuk lebih peka terhadap kondisi yang mengancam anaknya. KKO dimulai dengan pemutaran video tentang masalah-masalah yang sedang marak terjadi dikalangan anak remaja saat ini, antara lain: ponografi, sex bebas, gadget, dan lain-lainnya. Dilanjutkan dengan diskusi para orang tua tentang masalah yang terjadi pada anak-anak remaja dilingkungan sekolah maupun pertemanan diluar sekolah.

Orang tua diingatkan harus pandai-pandai pedekate dengan anak, sehingga kedekatan di keluarga dan penenaman nilai-nilai tetap melekat sampai kapanpun, sekalipun sang orang tua sudah tidak ada di samping anak-anak. Orang tua juga harus bisa kompak satu dengan yang lain, bahkan dengan seiisi rumah, hal ini dapat membantu orang tua untuk mendidik anaknya.

KKO kali ini ditutup dengan pemutaran Video yang mengingatkan peran orang tua yang sangat penting, khususnya ketika anak-anak sedang menjalani kehidupan yang sulit pada masa remaja ini. Orang tua selalu harus dapat membantu anaknya, baik secara terlihat ataupun tidak terlihat.

Penulis : Ibu Elizabeth Suryani (Guru BK SMPK 2 PENABUR Jakarta)