Depok – Sabtu, 22 April 2017, diadakan kegiatan seminar orang tua yang ketiga kalinya di SMPK PENABUR Depok. Seminar ini merupakan kelanjutan dari seminar sebelumnya dan mengambil topik “Remajaku Sayang, Remajaku Matang? “. Pada seminar kali ini, Ibu Murni Barus, S.Pd. yang merupakan guru BK di SMPK 4 PENABUR Jakarta, bertindak selaku pembicara. Seminar yang dihadiri 31 orang tua siswa dari kelas 7 s.d. 9 ini, berlangsung sejak  pukul 09.00 s.d. 11.30. Adapun tujuan yang ingin dicapai sehubungan  topik seminar adalah membekali orang tua dengan informasi praktis mengenai cara membentuk profil remaja yang matang.

Masa remaja adalah masa peralihan dari usia anak-anak menuju usia dewasa. Pada masa peralihan tersebut, remaja dituntut untuk mencapai kematangan sesuai tugas perkembangannya. Namun, kadangkala orang tua cenderung  mengukur kematangan remaja dari hal-hal yang terlihat saja yaitu aspek fisik, padahal ternyata ada beberapa aspek kematangan yang juga perlu diketahui oleh orang tua untuk dikembangkan dalam diri remaja, yaitu aspek  hukum, sosial-intelektual,  serta moral.

Terkait dengan hal  tsb, Ibu Murni mengingatkan kembali pentingnya peran orang tua sebagai pondasi yang utama dalam proses mendidik anak remaja menuju kedewasaan. Orang tua di rumah hendaknya dapat bertindak sebagai teladan bagi para remaja  dalam perwujudan nilai-nilai dari beberapa aspek tersebut (fisik, hukum, sosial-intelektual, moral). Dengan demikian, diharapkan apa yang dilihat dan didengar remaja dari orang tuanya di rumah dapat  terintenalisasi dalam diri remaja dan membantu mereka mencapai kematangan yang menyeluruh. Semoga  informasi yang diperoleh orang tua dari seminar kali ini akan  bermanfaat untuk menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan putra-putri remajanya di rumah sehingga dapat membantu remaja mencapai profil remaja yang matang secara menyeluruh dalam berbagai aspek tersebut.

Penulis: Monica Rosalin (Guru BK SMPK PENABUR Depok)