Tangerang – Pada hari Sabtu tanggal 22 April 2017, diadakan pertemuan Kelompok Konseling Orang tua (KKO) yang terakhir untuk tahun pelajaran 2016/2017 di SMPK PENABUR Bintaro Jaya. Pada pertemuan KKO yang terakhir dengan judul “Talking About Love with Teens” dibawakan oleh bapak Darmawan Susanto, S.Pd (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 16 siswa (anak-anak) dan 26 orang tua . Terjalin interaksi yang sangat hangat dengan anak-anak yang diminta untuk menjawab tentang pandangan mereka tentang apa itu jatuh cinta dan kriteria anak remaja dalam memilih pacar. Kemudian dibandingkan dengan pandangan dan kriteria dari orang tua mereka.

Acara yang berlangsung meriah ini terlaksana dari pukul 08.00-10.30 ditutup dengan penandatanganan Ikrar anak “Menjaga Kekudusan” hingga pernikahan mereka nantinya. Anak-anak kemudian menyerahkan bunga untuk orang tua dan orang tua menyematkan cincin atau kalung untuk anaknya sebagai pengingat anak-anak mereka untuk menjaga kekudusan diri mereka hingga pernikahan mereka nantinya.

Pada era globalisasi sekarang ini dimana remaja dengan mudahnya bisa mengakses apapun di dunia maya, menyebabkan perubahan perilaku dan pandangan remaja tentang Cinta. Diharapkan anak remaja mempunyai rambu-rambu dalam berpacaran, antara lain adanya kecocokan, adanya restu orangtua, dibawa dalam doa, mendapat izin dari orangtua, menjaga sikap – prilaku, bisa membagi waktu dengan baik, dan yang terpenting bisa menjaga kesucian diri.

Penulis: Theresia Tyapul MG, S.Pd (Guru BK SMPK PENABUR Bintaro Jaya)