Jakarta – Pada hari kamis, 15 Juni 2017 SDK 3 PENABUR Jakarta mengadakan acara Character Day, dimana pesertanya adalah siswa dan siswi kelas 1 hingga kelas 5. Acara Charcter Day diadakan dengan tujuan pemberian penghargaan kepada siswa dan siswi yang memiliki karakter yang baik serta memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk memiliki karakter yang baik.

Acara Charcter Day diawali dengan seminar yang dibawakan oleh Bapak Antonius Sapto (BK SDK 10 PENABUR) yang berjudul “Aku dan Karakter Baikku”. Siswa dan siswi yang mengikuti seminar adalah siswa dan siswi kelas 3 hingga kelas 5. Dalam Seminar ini, Pak Toni panggilan akrab untuk beliau menjelaskan mengenai pengertian karakter, jenis karakter, dan aplikasi karakter dalam pengendalian emosi, kejujuran, dan menghargai orang lain. Pak Toni mengajak siswa dan siswi untuk bercermin terlebih dahulu sebelum bertindak. Apakah saya sudah bisa mengendalikan emosi? Apakah saya sudah berkata dan bersikap jujur? Apakah saya sudah menghargai orang lain? Selain itu beliau mengajak siswa dan siswi untuk berpikir positif dan membiasakan berkata-kata yang positif kepada siapa saja. Selama seminar berlangsung, siswa dan siswi kelas 3 hingga kelas 5 mengikutinya dengan antusias.

Setelah selesai seminar, acara dilanjutkan dengan performance dari siswa dan siswi kelas 1 dan 2 kemudian dilanjutkan performance kelas 3 hingga kelas 5. Setelah para siswa dan siswi melakukan performance, acara ditutup dengan pembacaan daftar siswa dan siswi yang memperoleh sertifikat Best Character of the Month dan Best Student’s Character of the Year 2016-2017.

Penulis: Inggrid Augustine (Guru BK SDK 3 PENABUR Jakarta)