Jakarta – Betapa Indahnya menjadi orangtua yang memiliki putra dan putri yang sehat dan bertumbuh serta berkembang dengan baik. Putra dan putri  bertambah besar, bertambah pandai, pendidikannya dan pertemanananya dapat berubah. Anak-anak yang manis saat kanak-kanak, kini memasuki masa remaja dan mulai berubah setelah usia bertambah dan kadang menjadi sulit untuk dimengerti dan dididik. Ini merupakan tantangan orang tua saat ini, anak- anak mendapat didikan dari orang tua tetapi juga banyak pendidikan yang diperoleh  dari pengaruh luar diri anak atau dari sekitar anak. Anak bertumbuh jadi remaja yang berbeda dari sebelumnya dan mempunyai kehendak dirinya sendiri yang kadang berbeda dengan kehendak orang tua.

Saat remaja  duduk di jenjang SMP, banyak hal yang dipikirkan dan dipelajari. Remaja kadang mulai menjauh dari orang tua dan mulai lebih memilih untuk bersama dengan teman dari pada orang tua. Hal ini terkadang membuat orang tua bertanya-tanya, mengapa putra dan putri nya menjadi berubah. Apa yang harus dilakukan agar bisa selalu bersama sehingga terasa harmonis dan indah dalam berelasi sebagai keluarga antara orang tua dengan anak.

Para orang tua siswa pun berharap agar putra dan putri nya berubah dan memiliki karakter yang baik dengan menitipkan anak-anaknya bersekolah di SMPK 7 PENABUR Jakarta. Guna menanggapi hubungan orang tua dan remaja yangn demikian, SMPK 7 PENABUR Jakarta mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang Tua (KKO) di Sekolah dengan tujuan agar para orang tua dan pihak Sekolah dapat menjalin kerjasama dalam mendidik dan membimbing anak- anak yang bersekolah di SMPK 7 PENABUR Jakarta. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membatu para orang tua untuk menghadapi perubahan sikap dan perilaku putra putrinya. Para Orang tua dapat belajar bersama untuk mendidik anak-anaknya  dengan saling sharing bersama dengan orang tua lainnya.

KKO pertama di tahun pelajaran 2017-2018 difasilitasi oleh Ibu Murni Barus, S.Pd (Guru BK SMPK 4 PENABUR) dengan topik pertama “Memenangkan Hati Anak Anda”. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 September 2017  di Ruang Aula, Lantai 4 SMPK 7 PENABUR Jakarta, dihadiri oleh 101 orang tua siswa sebagai peserta.

Di tengah pengaruh perkembangan zaman yang kian menantang, mari kita bersama memastikan bahwa hal terpenting dari diri anak yaitu HATI nya, ada pada tempat yang tepat. Para Orang tua belajar bagaimana memenangkan hati putra putrinya karena hati adalah pusat keseluruhan hidup dan perilaku manusia. Semua perilaku dan ucapan manusia bersumber dari hatinya. Hati adalah tempat dibentuknya kehidupan dan dari hatinyalah terpancar kehidupan. Memenangkan hati anak adalah menolong anak untuk mempu bertanggung jawab, menjadikan pandai,  menguasai dirinya, menangani perasaannya, hidup jujur, tidak menyakiti hati, dan gemar melakukan kebaikan.  Dengan demikian akan mendatangkan kedamaian bagi anak dan para orang tua.

Topik pertama ini mengulas tentang permasalahan anak, hati anak, fakta ironis, identitas keluarga, pola asuh orang tua, relasi orang tua, otoritas, keteladanan dan identitas keluarga. Dengan mengetahui hal tersebut para orangtua dapat menemukan benang merah bagaimana memenangkan hati putra-putrinya. Demikian KKO topik pertama telah dilaksanakan. Masih ada 3 topik KKO yang lebih menarik lagi yang akan diadakan di tahun ini. Besar harapan kami sebagai penyelenggara agar seluruh orang tua siswa dapat mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam acara KKO ini. Dan tak jemu-jemu mendidik putra-putri ke jalan yang benar, sehingga terbentuk putra-putri yang beriman, berilmu dan dapat melayani sesama.

Penulis: Yuliana (Guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta)