Jakarta – Tema Education Fair (Edufair) SMAK 6 PENABUR Jakarta tahun ini ialah La Fenêtre yang merupakan bahasa Perancis dan memiliki arti ‘jendela’. La Fenêtre juga merupakan akronim dari Looking And Finding an Enlightenment Through a Real Encounter. Edufair yang dilaksanakan oleh SMAK 6 PENABUR Jakarta dapat dianggap sebagai jendela dimana siswa-siswi dapat melihat sejenak keluar serta membuka dirinya untuk mengenal universitas-universitas yang ada. Selain itu, jendela juga diumpamakan sebagai sebuah pencerahan yang dibutuhkan bagi masa depan siswa-siswi. Edufair ini berlangsung selama dua hari, yaitu Jumat 29 September – Sabtu, 30 September 2017.

Sebelum prosesi resmi pembukaan Edufair dimulai, terlebih dahulu siswa-siswi berkumpul di aula pada pukul 06.30 WIB untuk renungan pagi kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Adapula kata sambutan dari ketua pelaksana dari kegiatan ini, yaitu Bapak Adhi Darmasaputro, S.Psi. Tarian dengan alunan musik yang kental dengan nuansa India juga turut menjadi bagian dalam proses pembukaan kegiatan EduFair kali ini. Selain itu, satu orang perwakilan dari masing-masing universitas maupun agen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini juga diundang untuk menonton acara pembukaan di aula.  Hari pertama kegiatan ini berlangsung hingga pukul 14.30 WIB, sementara hari kedua berlangsung hingga pukul 14.00 WIB.

Partisipan EduFair kali ini berjumlah hingga 64 stand terdiri dari 62 stand universitas swasta dalam negeri dan agen-agen luar negeri serta dua stand perguruan tinggi negeri, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI). Jumlah partisipan universitas dan agen pada tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Antusias siswa-siswi SMAK 6 PENABUR Jakarta juga tidak surut bahkan hingga hari kedua. Bersamaan dengan pembagian rapor mid semester ganjil, acara ini berlangsung dengan baik. Orang tua juga dapat berkunjung ke stand-stand yang ada bersama anak-anak mereka setelah pembagian rapor selesai.

Dengan diadakannya EduFair setiap tahunnya, besar harapan SMAK 6 PENABUR Jakarta bahwa siswa-siswi maupun orang tua merasakan manfaat dari kegiatan ini. Selain manfaat yang diperoleh siswa-siswi beserta orang tua, melalui kegiatan ini SMAK 6 PENABUR Jakarta juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan institusi pendidikan (universitas maupun agen) jenjang perguruan tinggi yang terjaring di Indonesia.

Education is the most powerful weapon we can use to change the world ~ Nelson Mandela

Penulis: Cito Meriko (Guru BK SMAK 6 PENABUR Jakarta)