Jakarta – Selasa,  tanggal 17 Oktober 2017 SPK SMPK dan SMAK  PENABUR Kelapa Gading telah mengadakan kegiatan Motivation Training untuk siswa-siswi kelas 7 dan 10.

Kelas 7 merupakan masa peralihan dari SD ke SMP sehingga banyak penyesuaian yang harus dilakukan. Pada umumnya siswa kelas 7 sedang menjalani masa puber atau masa remaja dimana terjadi berbagai perubahan secara fisik, cara berpikir, emosi, dan sosial. Penyesuaian ekstra juga perlu dilakukan oleh siswa-siswi yang sebelumnya berasal dari dari sekolah yang bukan berbasis internasional. Tanggung jawab dan melakukan tugas sebagai siswa kelas 7 bukanlah suatu tugas yang mudah dilewati seorang diri.

SPK SMPK PENABUR Kelapa Gading memfasilitasi siswa-siswi untuk membantu penyesuaian diri melewati suatu tahap yang penuh dengan perubahan dan tuntutan dengan mengadakan kegiatan motivation training. Motivation training ini diberi judul “Puzzle of Study (POST)” yang melibatkan Pure Training and Counsulting. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi mengikuti berbagai macam aktivitas yang mengajarkan mereka RESPECT. RESPECT merupakan akronim dari Responsibilty, Empathy, Self-discipline, Enthusiam, Cooperation, dan Trust .

Selain diberikan kepada kelas 7, motivation training juga diberikan kepada siswa kelas 10 A dan G dengan judul “Break Your Limit”. Kelas 10 A dan G merupakan siswa-siswi yang sebelumnya menamatkan jenjang Lower Secondary bukan di PENABUR Secondary Kelapa Gading. Siswa-siswi tersebut terlihat kurang percaya diri dan ragu-ragu mengekspresikan dirinya di sekolah sehingga membuat mereka pasif dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan sekolah lainnya.

Motivation training diberikan kepada kelas 10 A dan G agar mereka lebih memahami diri mereka dan menyadari potensi yang mereka miliki. Dengan demikian, diharapkan mereka lebih percaya diri akan kemampuan mereka sehingga mereka dapat lebih aktif mengembangkan potensi mereka. Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk menyadari dan menulis mimpi mereka, melakukan kegiatan yang terlihat sulit, dan mengekspresikan diri mereka dengan mengajak guru dan karyawan di sekolah.

 

Penulis: Patricia Gita (Guru BK SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading)