Depok – Pada hari Sabtu, 11 November 2017, SMPK PENABUR Depok menyelenggarakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) ketiga, yang merupakan kelanjutan dari topik sebelumnya. Adapun  topik yang dibahas kali ini adalah “The Art of Discipline ”, dengan pembicara Ibu Tirza Maynike Oping, S.Pd, M.Th yang merupakan guru Bimbingan dan Konseling di SMPK PENABUR Kota Modern.

Kegiatan KKO dimulai dari  pukul 08.45, yang  dibuka dengan doa dilanjutkan perkenalan pembicara sebelum masuk pada materi. Selama 2 jam ke berikutnya, pembicara menyampaikan materi secara lugas dan disimak dengan penuh perhatian oleh para peserta. Mengingat topik kali ini membahas tentang seni dalam mendisiplinkan anak khususnya remaja, maka pada saat pertengahan materi, para orang tua diajak membentuk kelompok lalu membuat menara dari sedotan yang tidak akan roboh jika diterpa angin. Kegiatan ini disambut antusias oleh para orang tua. Adapun permainan ini mengingatkan orang tua untuk membangun pondasi yang kokoh dalam menanamkan sifat disiplin kepada anak, yang dapat dimulai sejak saat ini, sehingga mereka dapat berdiri kokoh untuk melakukan hal yang benar di masa depan.

Pada akhir materi, orang tua kembali membentuk kelompok studi kasus untuk berdikusi mengenai beberapa kasus yang disediakan oleh pembicara. Para orang tua terlihat antusias dalam berdiskusi dan saat mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.

Kegiatan KKO di SMPK PENABUR Depok ini masih akan berlanjut untuk pertemuan yang keempat, dimana orang tua dan anak akan dipertemukan untuk menjalin hubungan yang lebih hangat lagi antara orang tua dan anak.  Semoga kegiatan KKO ini dapat memberikan manfaat kepada para orang tua dan guru di sekolah untuk selalu berupaya mendidik anak dengan cara Allah.

 

Penulis: Monica Rosalin (Guru BK SMPK PENABUR Depok)