Jakarta – Seksi BK & Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta telah menyelenggaran Counselors’ Fair 2017 pada hari Sabtu, 18 November 2017. Kegiatan bertemakan ReCaS (Reaching, Caring, Sharing) ini diadakan sebagai wadah pertemuan, belajar, dan saling berbagi bagi semua guru BK BPK PENABUR Jakarta dan Setempat. Kegiatan yang dilaksanakan dari pk 8.00 – 15.00 ini berlokasi di Aula SMPK 2 PENABUR Jakarta (Pembangunan) dan dihadiri oleh kurang lebih 170 guru BK sebagai peserta; serta Pengurus, Deputi Direktur Pelaksana, Kepala Jenjang, Kepala Bagian (Kurikulum dan Evaluasi; dan Layanan dan Pendukung Pendidikan), dan Kepala Sekolah PENABUR Jakarta sebagai undangan.

Pemukulan Gong Pembukaan Kegiatan oleh Bpk Adri Lazuardi.

Kegiatan yang dibuka oleh Bpk Adri Lazuardi (Ketua BPK PENABUR Jakarta) ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah Seminar dengan tema “BK Komprehensif” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Syamsu Yusuf LN., M.Pd (Dosen UPI Bandung). Sesi kedua adalah seminar dengan tema “Integritas Guru BK di Sekolah (I Love What I Do)” dibawakan oleh Ibu Johana Rosalina K., Ph.D. Sedangkan Sesi ketiga adalah kapita selekta yang disampaikan oleh beberapa guru BK BPK PENABUR Jakarta dalam beberapa kelas.

Pada sesi Kapita Selekta, peserta dapat masuk ke kelas sesuai dengan minat dan kebutuhannya dalam pekerjaan. Delapan kelas yang dibuka adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Seksualitas Jenjang SD disampaikan oleh Ibu Josephine Jeanne (Guru BK SDK PENABUR Kota Modern)
  2. Pendidikan Seksualitas Jenjang SMP disampaikan oleh Bpk Natanael Dwi Sulistianto (Guru BK SMPK PENABUR Harapan Indah)
  3. Pendidikan Seksualitas Jenjang SLTA disampaikan oleh Bpk Dhimas Bayu Wicaksono (Guru BK SMAK PENABUR Gading Serpong)
  4. Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) disampaikan oleh Bpk Darmawan Susanto (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong) dan Bpk Antonius Wahyu Sapta (Guru BK SDK 10 PENABUR Jakarta)
  5. Bullying (A) disampaikan oleh Ibu Yenny Mangoendaan (Guru BK SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta)
  6. Bullying (B) disampaikan oleh Ibu Patricia Tumilisar (Guru BK SMPK 2 PENABUR Jakarta)
  7. Teknik Konseling disampaikan oleh Ibu Bernadette Rusmini (Guru BK SMAK 7 PENABUR Jakarta)
  8. Assessment dalam Bimbingan Konseling disampaikan oleh Bpk Jimmy Tuerah (Guru BK SMPK 4 PENABUR Jakarta)

Selain ketiga sesi tersebut juga dibuka beberapa stand pameran antara lain: Terapi Edukatif, Sex Edu, Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO), dan Buku BK Komprehensif yang ditulis oleh Prof. Dr. Syamsu Yusuf LN., M.Pd.

Kedepannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan sebagai ajang para guru BK untuk saling berbagi ilmu serta mengembang pengetahuan dan ilmu dalam pendampingi tumbuh kembang siswa.

Penampilan Kolintang dari siswa dan siswi SMPK 2 PENABUR Jakarta

Stand Terapi Edukatif

Undangan dan Peserta Kegiatan

Penulis: SH