Depok – Sabtu, 11 November 2017, SDK PENABUR Depok melaksanakan pertemuan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) level 2 topik 2.  KKO kali ini mengambil topik mengenai bagaimana orang tua membentuk karakter anak. Topik ini masih berkesinambungan dengan topik sebelumnya, mengenai “Mengisi Gudang moral Anak”.  Materi KKO dibawakan oleh Bapak Ridwan Selamiharja (Orang tua siswa Alumni PENABUR, beliau sendiri adalah alumni peserta KKO yang sekarang menjadi pembicara KKO).

Bapak Ridwan memaparkan bahwa membentuk anak berkarakter baik adalah tugas utama orang tua dalam mendidik anak.  Melalui karakter yang baik, anak bisa menunjukkan perilaku-perilaku yang sesuai tanpa adanya paksaan dan perintah. Orang tua memulainya dengan mengisi gudang moral anak,  kemudian dilanjutkan dengan pembiasaan dan akhirnya terbentuk karakter. Dalam prosesnya orang tua harus punya standar moral yang jelas, teladan dan konsistensi dalam pelaksanaanya.

Bapak Ridwan memaparkan materi dengan banyak memberikan contoh-contoh konkrit baik itu dalam bentuk pengalaman pribadi atau kasus-kasus. Para orang tua pun antusias dalam mengikuti penjelasan materi yang disampaikan.

Semoga apa yang diperoleh bapak dan ibu orang tua siswa dalam pertemuan KKO ini, menjadi inspirasi dalam  mendidik anak. Yuk para bapak dan ibu, ayo tetap semangat dalam “Membentuk Karakter” anak !!!! Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis: Galih Laksita (Guru BK SDK PENABUR Depok)