Jakarta – Sabtu, 25 November 2017 telah berlangsung Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) level 1 pertemuan terakhir dengan tema “Bahasa Kasih“ yang dibawakan oleh ibu Jovita Adyarani Murhanjati, M.Si, Psikolog. Parenting Class ini dihadiri oleh 66 orang tua siswa kelas 1-2 yang telah berkomitmen menjadi peserta KKO.

Pertemuan kali ini membahas tentang Bahasa Kasih. Orang tua yang saling mengasihi membuat anaknya merasa dikasihi, dari sinilah lahir energi kasih untuk mengasihi orang lain. Orang tua seringkali salah mendiagnosa sikap anak. Mereka keliru menilai motif anak. Akibatnya orang tua frustasi dan anak menjadi bingung. Bahasa kasih utama kita adalah bahasa yang paling ingin kita dengarkan atau terima dari orang lain dan cenderung kita komunikasikan kepada orang lain.

 Setiap kita memiliki 2 sisi kasih, memberi kasih yang berarti melakukan perbuatan dan menerima kasih yang berarti merasakan mendapat kasih sayang. Ada 5 BAHASA KASIH yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu: melalui ucapan yang membangun, perbuatan melayani, pemberian hadiah, waktu berkualitas, dan sentuhan fisik/ kedekatan.

Bahasa kasih dipengaruhi oleh pola pengasuhan yang diterima. Bahasa kasih utama kita terlihat dari seringnya kita menggunakan dan ketika orang lain melakukannya dan kita merasa dikasihi. Kita sebenarnya mampu menggunakan kelimanya dan layak dicoba. Munculnya bahasa kasih diperkirakan sebelum 7 tahun tapi mudah dikenali pada usia 7 tahun keatas. Dalam mengaplikasikan bahasa kasih yang paling penting adalah pilihan untuk mengasihi atau tidak mengasihi. Ketika mengasihi kita akan berusaha memahami bahasa kasih orang lain.

Cinta , kasih sayang, penerimaan dan moral berawal dari rumah. Jika ingin turut andil dalam mengubah dunia menjadi lebih baik, pulanglah dan cintai keluargamu

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman peserta yang telah lulus KKO level 1. Orang tua siswa SDK 11 PENABUR memiliki komitmen yang besar dalam bekerjasama membangun karakter anak. Hal ini terbukti dari telah lulusnya :

  • 14 keluarga yang selalu datang berpasangan atau hampir selalu berpasangan selama 4 kali pertemuan
  • 16 keluarga yang hanya dihadiri salah satu dari orang tua tapi selalu datang 4 kali pertemuan.
  • 11 keluarga yang datang selama 3 kali pertemuan.

Total peserta yang lulus KKO level 1 tahun 2017 di SDK 11 PENABUR berjumlah 41 keluarga.

SDK 11 PENABUR sangat bersyukur karena memiliki kerjasama yang baik dengan orang tua dalam menjalankan program – program unggulan sekolah.

Penulis: Dian Mustika (Guru BK SDK 11 PENABUR Jakarta)