JakartaKelompok Kepedulian Orang tua (KKO) kembali diadakan di SMPK 1 PENABUR Jakarta pada hari Sabtu, 25 November 2017. Kali ini tema yang diangkat adalah “Remajaku Tangguh Menghadapi Pengaruh”. Sebanyak 45 orang tua siswa hadir untuk  mendengarkan dan membahas materi ini. Ibu Rieke Ruth Anastasia, M.Psi (guru BK SMPK 5 PENABUR Jakarta) selaku narasumber menjelaskan bagaimana remaja dapat tetap tangguh menghadapi berbagai pengaruh dunia luar tanpa menyalahkan perkembangan jaman dan orang lain. Para remaja dapat menghadapi berbagai pengaruh tersebut dengan dibekali penanaman nilai-nilai yang kuat dirumah oleh orang tua. Selain itu dijelaskan pula berbagai perubahan dan kematangan remaja yang juga turut mempengaruhi perubahan yang dialami remaja.

Hasil evaluasi dari peserta menunjukkan materi ini sangat bermanfaat dan pembicara dapat menjelaskan dengan sangat baik kepada peserta.

Diharapkan melalui KKO topik kedua ini orang tua lebih memahami pentingnya menanamkan nilai yang positif dalam keluarga sehingga putra pitri yang saat ini sedang dalam masa remaja memiliki identitas positif yang kuat dan tidak mudah terpengaruhhal-hal negatif dari lingkungan sekitarnya bahkan dapat memberi pengaruh yang positif serta menjadi berkat bagi orang lain dimanapun mereka berada.

Penulis: Nopfiyati (Guru BK SMPK 1 PENABUR Jakarta)