Jakarta – Pada hari Sabtu, tanggal 10 Maret 2018, SMAK 7 PENABUR Jakarta mengadakan Seminar yang membahas “Komunikasi Yang Efektif antar Orang Tua dan Anak”. Seminar ini dihadiri berasama orang tua dan siswa-siswi kelas 10 dan 11. Seminar ini diadakan sebelum pengambilan rapor mid semester dan disampaikan oleh Ibu Johanna Rosalina K., Ph.D yang sebagai pembicara. Seminar ini berlangsung dari pukul 07.30-09.30 WIB.

Proses berjalannya Seminar dipandu oleh Bapak Chandra Jon Trafolta, S.Pd (Guru BK SMAK 7). Agenda acara seminar diantaranya doa pembuka, bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, seminar, tanya jawab, dan doa penutup.

Ibu Rosa menjelaskan pentingnya membangun hubungan yang efektif antara orang tua dengan putra-putrinya. Orang Tua diajak untuk memahami mengenai beberapa permasalahan anak-anak remaja dan karakter yang sesuai dengan tahap perkembangan saat ini. Seminar berjalan dengan baik, hangat dan terlihat orang tua sangat antusias mengikuti berjalanannya proses seminar.

Ibu Rosa juga mengajak orang tua dan putra-putrinya untuk dapat mempraktekan komunikasi yang tepat dan efektif. Kemudian diakhir sesi seminar, masuk dalam proses tanya jawab dengan 2 orang penanya. Ibu Rosa membagikan tips membangun hubungan yang baik dengan anak-anak yaitu:

  1. Fokus pada hal-hal positif dari remaja anda.
  2. Peduli pada hal-hal yang penting bagi remaja anda
  3. Hargai setiap hal yang dicapai oleh remaja
  4. Dukung dan encourage remaja anda untuk berkembang.
  5. Terlibat, mengetahui apa yang dilakukan oleh remaja kita.

Penyampaian materi oleh Ibu Rosa

Peserta Seminar

Sesi tanya jawab

Sesi tanya jawab

Penulis: Chandra Jon (Guru BK SMAK 7 PENABUR Jakarta)