ilustrasi

Ketika seorang pria berjalan melewati sekumpulan gajah, dia tiba-tiba berhenti. Ia bingung dengan fakta bahwa makhluk-makhluk besar itu sedang diikat cuma dengan sebuah tali kecil yang terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai, tak ada sangkar. Jelas sekali bahwa gajah dapat melepaskan diri dari ikatan mereka kapan saja. Tapi entah untuk beberapa alasan, mereka tak melakukannya.

Ia memperhatikan seorang pelatih di dekatnya dan bertanya pada pelatih itu hal yang demikian. “Mengapa binatang-binatang itu cuma berdiri di sana dan tak berusaha untuk melarikan diri?”

“Yah, dikala mereka masih benar-benar muda dan jauh lebih kecil, kami mengaplikasikan ukuran tali yang sama untuk mengikat mereka. Kemudian, sekarang ini pada usia yang demikian, tali itu telah cukup untuk menahan mereka. Ketika mereka tumbuh dewasa, mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tak dapat melepaskan diri. Mereka percaya bahwa bahwa tali yang demikian masih dapat menahan mereka, sehingga mereka tak pernah mencoba untuk membebaskan diri. ” Itu penjelasan dari pelatih gajah hal yang demikian.

Pria itu kagum. Gajah-gajah ini dapat saja  membebaskan diri dari ikatan tali mereka. Namun karena mereka percaya bahwa mereka tak dapat, mereka terjebak tepat dengan tali kecil di kaki mereka.

Pelajaran: Berapa banyak dari kita yang menjalani hidup tergantung pada suatu keyakinan bahwa kita tak dapat menjalankan sesuatu hanya karena pernah gagal sekali sebelumnya?

Kegagalan merupakan bagian dari pembelajaran. Kita tak boleh menyerah untuk berjuang di dalam hidup anda.

Adaptasi dari: pandaibesi.com