Jakarta – SMPK PENABUR Tirtamarta Cinere telah melaksanaan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO), pada hari Sabtu 10 Maret 2018. Fasilitator dalam KKO kali ini adalah Ibu Olivia (Guru BK SMPK 5 PENABUR Jakarta) dengan tema yang dibahas “Talking about Love with Teens”.

Kegiatan KKO ini terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi “Learning Time” dan sesi “Heart to Heart”.

Pada sesi “Learning Time”, fasilitator menyampaikan pemaparan mengenai persahabatan, pacaran, serta perbedaan cinta versi orang tua dan anak yang kini berada pada usia remaja. Pada sesi ini juga ditekankan perlunya orang tua dan anak berkomunikasi untuk mengekspresikan cinta dan menumbuhkan rasa saling mengerti dan merasa dicintai.

Sesi “Heart to Heart” membahas mengenai cinta serta batasan-batasan dalam berpacaran dan menjaga kesucian diri baik secara fisik maupun pikiran. Orang tua diingatkan perlunya komunikasi agar terbangun hubungan yang kuat dengan anak serta pentingnya menanamkan nilai-nilai kekudusan. Sedangkan anak-anak dipersiapkan untuk belajar mengungkapkan harapannya pada orang tua, beserta ucapan terimakasih maupun permintaan maaf.

Sebelum kegiatan berakhir, anak-anak menandatangani komitmen untuk menjaga kesucian dan kekudusan diri sampai di hari pernikahan nantinya. Penandatangan ini disaksikan oleh para orang tua.

Penulis: Yunus Sukasna (Guru BK SMPK PENABUR Tirtamarta Cinere)

(SH. ed)