Pada zaman kuno, seorang Raja mnetempatkan sebuah batu besar di tengah jalan raya. Dia kemudian menyembunyikan dirinya dan mengawasi untuk melihat apakah ada orang yang memindahkan batu itu keluar dari jalan. Beberapa pedagang paling kaya datang dan berjalan menghindari batu itu.

Banyak orang dengan keras menyalahkan Raja karena tidak menjaga jalan tetap bersih, tetapi tidak ada yang melakukan apa pun untuk menyingkirkan batu itu.

Seorang petani kemudian datang membawa banyak sayuran. Saat mendekati bongkahan batu, petani meletakkan bebannya dan mencoba mendorong batu itu keluar dari jalan. Setelah terus mendorong dan berusaha, akhirnya dia berhasil.

Setelah petani kembali untuk mengambil sayurannya, dia melihat sebuah kantung tergeletak di jalan di mana batu itu berada. Kantung itu berisi banyak koin emas dan sebuah catatan dari Raja yang menjelaskan bahwa emas itu untuk orang yang memindahkan batu besar dari jalan raya.

Moral dari cerita: Setiap hambatan yang kita hadapi dalam hidup memberi kita kesempatan untuk memperbaiki keadaan kita. Sementara kita malas dan mengeluh, yang lain menciptakan peluang melalui hati mereka yang baik, kemurahan hati, dan kesediaan untuk menyelesaikan sesuatu.

Sumber: https://wealthygorilla.com/ (dengan penyesuaian)