“Apakah ada psikolog di BPK PENABUR Jakarta? Kalau ada, apa sih perannya?”

Psikolog BPK PENABUR Jakarta – Jenjang SMP dan SLTA

Pertanyaan tersebut mungkin banyak diungkapkan oleh orangtua karena tidak banyak orangtua siswa yang mengetahui adanya psikolog pendidikan di BPK PENABUR Jakarta. Artikel ini akan membahas peran psikolog BPK PENABUR Jakarta khususnya pada siswa jenjang SMP dan SLTA. Namun sebelum itu, mari kita lihat definisi dan tugas utama psikolog pendidikan secara umum.

Berdasarkan New Zealand Psychological Society (2016) dalam artikelnya yang berjudul The Role of Educational Psychology dipaparkan bahwa psikolog pendidikan merupakan pakar dalam membantu klien untuk mengatasi permasalahan kompleks dan menetap yang dapat menghambat siswa dalam belajar. Perannya antara lain adalah:

  1. Memahami siswa dalam kondisi kesehariannya.

Psikolog pendidikan melihat apa yang terjadi pada siswa sebagai individu yang utuh. Mereka mencari berbagai sudut pandang sehingga bisa mendapatkan gambaran siswa secara utuh dan komprehensif.

  1. Menolong siswa dalam menghadapi hambatan atau kesulitan dalam proses belajar.

Psikolog pendidikan menolong siswa untuk memahami situasi permasalahan dengan sudut pandang yang berbeda sehingga mereka terbantu untuk dapat mengatasi permasalahannya.

  1. Melihat pola yang membuat siswa tidak dapat menampilkan potensinya dalam proses belajar-mengajar.

Psikolog pendidikan menggunakan berbagai macam media, baik kuantitatif maupun kualitatif, yang mencakup observasi, wawancara dan asesmen menggunakan alat tes psikologi untuk memahami dinamika siswa sebagai individu yang unik.

  1. Menolong saat kondisi krisis atau berisiko.

Psikolog pendidikan menolong sekolah dalam menghadapi situasi berisiko tinggi dengan cepat, seperti pertolongan bagi siswa yang mengalami trauma akibat suatu pristiwa yang traumatis atau menangani siswa yang diketahui teraniaya di sekolah.

  1. Mencegah hambatan atau kesulitan yang akan dialami siswa.

Melalui pengalaman dan bekal ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh psikolog pendidikan, maka mereka bisa menyarankan atau melakukan tindakan preventif agar siswa tidak mengalami situasi yang tidak diharapkan.

Di BPK PENABUR Jakarta, psikolog berada di bawah Divisi Pendidikan, Bagian Layanan Pendukung Pendidikan (Lapendik), khususnya pada Seksi BK dan Psikoedukatif. Posisi Psikolog sekolah di BPK PENABUR Jakarta terbagi menjadi 2, yaitu Psikolog jenjang TK-SD dan Psikolog jenjang SMP-SLTA. Kedua psikolog tersebut memiliki cakupan seluruh sekolah BPK PENABUR se-Jabodetabek. Psikolog menerima rujukan dari guru BK sekolah bila terdapat keperluan penanganan khusus oleh psikolog sekolah. Oleh karena itu, setiap psikolog sekolah harus memiliki kelima poin peran yang telah disebutkan di atas.

Dengan struktur, kapasitas penanganan, dan jumlah psikolog yang terbatas, maka peran psikolog sekolah di BPK PENABUR Jakarta, khususnya pada jenjang SMP-SLTA cenderung seperti “Klinik”. Psikolog akan melakukan serangkaian penanganan kepada siswa yang dirujuk untuk mengetahui akar permasalahan mereka, setelah itu psikolog akan berkoordinasi dengan guru BK untuk kemudian dapat diteruskan penanganannya.

Referensi:

The New Zealand Psychological Society. (2016, 31 Oktober). The Role of Educational Psychology. Diambil dari http://www.psychology.org.nz/wp-content/uploads/The-Role-of-the-Educational-Psychologist.pdf

Penulis: Indra Tanuwijaya (Psikolog Lapendik – BPK PENABUR Jakarta)

Baca artikel psikologi lainnya: