Tangerang – Pada hari Sabtu tanggal 27 Oktober 2018, SMPK PENABUR Bintaro Jaya telah mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orangtua yang disingkat KKO. KKO kedua ini dengan tema REMAJAKU TANGGUH MENGHADAPI PENGARUH. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. KKO difasilitasi oleh Murni Barus, S.Pd, Guru BK dari SMPK 4 PENABUR Jakarta.  Orangtua yang hadir sebagai peserta sekitar 39 orangtua dari 28 siswa kelas 7. Banyak orangtua yang berhalangan karena ada acara keluarga dan acara lainnya, sehingga tidak bisa bergabung dalam kegiatan ini.

Hal – hal seperti Membully, menjadi zombie gadget, sosmed freak, vapor/cloud chaser, porn addict adalah hanya sebagian kecil hal negatif yang ada di sekitar anak – anak remaja. Dengan kematangan remaja yang belum terbentuk seutuhnya, remaja rentan dipengaruhi oleh lingkungannya. Kondisi ini tentu membuat para orangtua anak – anak remaja menjadi khawatir .Bagaimana membuat anak remaja kita tetap uptodate/ kekinian namun tetap memegang standar moral yang benar? Inilah yang diskusikan bersama dalam kegitan KKO kali ini.

Secara singkat, pada pertemuan kali ini orangtua belajar bersama – sama tentang tiga pengaruh utama dalam membentuk prilaku  remaja yaitu: pengaruh Biologis, Moral dan Tekanan Kelompok.

Kelompok Kepedulian Orangtua bertujuan untuk : Menjalin Kerjasama yang nyata antara orangtua dengan pihak sekolah. Orangtua mampu menolong anak sesuai dengan cara Allah dan terjadi perubahan sikap dan perilaku anak.

Semoga pada pertemuan berikutnya lebih banyak orangtua yang terpanggil untuk menghadiri KKO. Terimakasih, Tuhan memberkati.

Penyampaian Materi dan Tanya-Jawab / dokumentasi pribadi

Penyampaian Materi dan Tanya-Jawab / dokumentasi pribadi

Penulis: Theresia Tyapul (Guru BK SMPK PENABUR Bintaro Jaya)