Peserta Pembekalan Guru BK Baru / dokumentasi pribadi

Jakarta – Menjadi Guru BK bukanlah profesi tanpa tantangan. Guru BK dituntut untuk mendengarkan aktif serta memberikan respon yang tepat pada setiap curhat siswa. Guru BK juga tak hanya menunggu siswa yang datang untuk berkeluh kesah. Guru BK harus peka pada setiap gejala perilaku yang ditampilkan siswa agar dapat sigap memberikan bantuan dan bimbingan.

Membekali para Guru BK yang baru bergabung dengan BPK PENABUR Jakarta, Seksi BK & Psikoedukatif mengadakan Pembekalan Guru BK Baru pada Senin – Selasa, 23-24 September 2019. Selain menyamakan nilai – nilai dan etos kerja, pembekalan ini juga bertujuan sebagai wadah diskusi dan berbagi pengalaman. Tidak hanya mendengarkan sharing dari para Guru BK senior yang menjadi pembicara, setiap peserta berkesempatan untuk menceritakan pengalamannya di sekolah sebagai Guru BK.

Beberapa Guru BK senior yang menjadi pembicara pada pembekalan kali ini antara lain Ibu Yenny Mangoendaan (SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta), Bapak Darmawan Susanto (SMPK PENABUR Gading Serpong), Bapak Agustinus Triyantoro (SMAK PENABUR Gading Serpong), Ibu Bernadette Rusmini (SMAK 7 PENABUR Jakarta), dan Ibu Yuliana yang saat ini bertugas sebagai Kelapa Seksi BK & Psikoedukatif.

Pembekalan yang berlangsung selama dua hari ini ditutup dengan penyematan pin BK yang bertuliskan “I’am a counselors”. Kalimat tersebut bukan hanya sebagai motto yang dipegang oleh Guru BK. Namun, juga sebagai pernyataan kesiapan Guru BK untuk menjadi tempat curhat bagi siswa.

Tugas Kelompok / dokumentasi pribadi

Presentasi kelompok / dokumentasi pribadi

Penyampaian materi / dokumentasi pribadi

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Baca berita kegiatan lainnya

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini