Seminar Karir PSKG / dokumentasi pribadi

Jakarta – Menentukan jurusan kuliah seringkali menjadi keputusan sulit baik bagi siswa maupun orangtua yang mendampingi. Orangtua masa kini mulai terbuka untuk mendorong anak-anaknya menentukan jurusan kuliah sendiri. Namun sudah tepatkah sikap orangtua yang demikian?

SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading, atau yang lebih dikenal dengan PENABUR Secondary Kelapa Gading telah mengadakan Seminar orangtua dengan topik “Helping Your Child Choose the Right Major”. Seminar ini diadakan pada hari Sabtu, 21 September 2019, pukul 07.30 – 09.00 WIB, dan difasilitasi oleh Bapak Djoni Kristanto dari ELITE Educational Institute Indonesia.

Sekarang ini banyak siswa yang cukup beruntung karena para orangtua mendukung apapun pilihan jurusan anak-anaknya. Namun, Bapak Djoni, dalam seminar Sabtu lalu mengingatkan bahwa orangtua harus ikut andil dalam keputusan jurusan kuliah anak-anaknya. Fakta bahwa sebanyak 43% para fresh graduate tidak bekerja sesuai dengan jurusan pendidikannya, serta 29% yang masih bekerja tidak sesuai dengan jurusan pendidikan setelah 5 tahun bekerja, patut menjadi pertimbangan bagi para orangtua dan siswa.

Langkah yang tepat untuk dilakukan adalah membuat desain karir terlebih dahulu, baru kemudian memilih jurusan kuliah yang menunjang desain karir tersebut. Kuliah atau pendidikan adalah tools untuk mencapai cita-cita karir. Hal inilah yang kerap salah dipahami dimana para siswa memilih jurusan kuliah sesuai dengan minatnya namun tidak membuat pertimbangan ingin berkarir sebagai apa nantinya.

Selain membuat desain karir, hal yang tak kalah penting adalah meningkatkan kualitas diri untuk menjawab tantangan dan persaingan karir di masa depan.

Tanya Jawab / dokumentasi pribadi

Seminar ini mendapat respon positif dari para orangtua yang hadir sebagai peserta. Tanya jawab singkat sempat dilakukan sebelum kegiatan ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan pembagian raport dan penjelasan hasil tes kesiapan studi lanjut.

Penulis: Sonia Here (Staf Seksi BK & Psikoedukatif)

Baca berita kegiatan lainnya

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini