Seorang anak laki-laki pernah bertanya kepada seorang lelaki tua yang bijak tentang apa rahasia kesuksesan.

Setelah mendengarkan pertanyaan anak laki-laki itu, orang bijak itu menyuruh anak laki-laki itu untuk menemuinya di sungai pada pagi hari dan dia akan diberikan jawabannya di sana.

Di pagi hari, orang bijak dan anak laki-laki itu mulai berjalan menuju sungai. Sesampainya mereka di sungai, mereka berjalan masuk kesungai tersebut hingga sampai ke titik dimana air menutupi hidung dan mulut mereka.

Pada saat itulah, orang bijak itu merundukkan kepala bocah itu ke dalam air.

Saat bocah ini berjuang untuk keluar, orang bijak itu terus mendorongnya lebih jauh ke bawah. Bocah itu merasakan seekor ikan tergelincir di kakinya dan menggeliat. Itu mendorongnya untuk berusaha bangun lebih keras.

Pria itu akhirnya menarik kepala bocah itu agar dia bisa menghirup udara lagi. Anak laki-laki itu tersentak saat dia menghirup udara dalam-dalam.

Orang bijak bertanya, “Apa yang kamu perjuangkan saat berada di bawah air?”

Anak laki-laki itu menjawab, “Udara!”

Pria itu berkata, “Itulah rahasia kesuksesan. Ketika kamu ingin meraih kesuksesan sebanyak kamu menginginkan udara saat berada di bawah air, kamu akan mendapatkannya. Itulah satu-satunya rahasia.”

Pesan Moral:

Kesuksesan dimulai dari keinginan keras untuk mencapai sesuatu.

Pikirkan tentang apa yang paling kamu inginkan dalam hidup dan berusahalah untuk mendapatkannya. Jangan biarkan lingkungan atau orang lain memengaruhi hal-hal yang benar-benar kamu inginkan.

(diadaptasi dari https://www.developgoodhabits.com/inspirational-stories/)

Cerita Inspiratif lain..

Pertanyaan Seekor Anak Unta

Mengelola Kemarahan

Bermain dan Bekerja

Sahabat Sejati