Hiduplah seekor serigala di hutan. Karena usianya yang sudah tua, ia tidak bisa lagi berburu seperti dulu. Dia diikuti oleh beberapa anjing hutan yang ingin menyerangnya. Serigala itu harus berlari untuk menyelamatkan nyawanya.

Suatu ketika dalam pelariannya, ia memasuki jalan tempat para pencelup pakaian. Di sana dia melihat sebuah bejana besar dan dia melompat ke dalam bejana untuk menyelamatkan nyawanya. Larutan warna biru disimpan dalam bejana tersebut adalah cairan pewarna pakaian.

Ketika dia keluar dari sana, dia melihat seluruh warna tubuhnya telah berubah menjadi biru. Hewan mana pun yang melihat warna birunya akan ketakutan dan lari darinya.

Memanfaatkan situasi ini, dia mendeklarasikan dirinya sebagai penguasa dunia binatang. Singa, harimau, dan cheetah terkejut mendengar perkataannya. Namun, tidak ada yang berani memotongnya.

Selama beberapa hari idenya ini berjalan dengan sangat lancar. Namun, suatu hari ketika dia sedang beristirahat di guanya. Dia mendengar suara serigala lain di luar. Tanpa pikir panjang, dia pun mulai mengaum seperti serigala dengan suara aslinya.

Singa dan harimau menyadari bahwa serigala biru ini telah mengakali mereka. Mereka pun kemudian membunuhnya.

Moral: Tidak ada kepura-puraan yang bisa bertahan lama, jadi lebih baik selalu tetap dalam bentuk asli dan bertindak jujur. Satu-satunya cara bertahan adalah dengan meningkatkan kualitas diri.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://chimesradio.com/parenting-blogs/moral-stories-for-kids-in-english/)

Cerita Inspiratif lain..

Burung Gagak yang Haus

Singa yang Serakah

Penebang Kayu dan Kapak Emas

Semut dan Belalang