Suatu hari seekor singa sedang mencari makanan. Dia sudah sangat tua dan lemah sehingga tidak mampu menangkap mangsanya dengan mengejar mereka. Tiba-tiba singa melihat sebuah gua dalam perjalanannya. Setelah memeriksa ke dalam, dia mendapati gua itu kosong.

Hal ini memberikan ide kepada singa dan dia berpikir dalam hati, “Jika aku tinggal di sini, pemilik gua pasti akan kembali dan saat itulah aku akan melompat ke atasnya dan menjadikannya sebagai makananku.”

Dia menunggu dengan sabar sampai malam tiba dan serigala yang sebenarnya tinggal di gua itu kembali. Serigala melihat jejak kaki singa dan dia curiga. ia memutuskan untuk mengelabui singa dan mulai bertanya kepada gua mengapa gua tidak berbicara kepadanya hari ini.

Singa mengira mungkin gua benar-benar berbicara dengan serigala setiap malam. Ia kemudian memutuskan untuk mengajak bicara gua juga. Mendengar suara singa yang mengajak bicara gua, serigala yakin ada singa yang bersembunyi di dalam dan dia lari meninggalkan tempat itu untuk menyelamatkan nyawanya.

Moral: Kita hendaknya selalu waspada karena mungkin ada bahaya di sekitar kita.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://chimesradio.com/parenting-blogs/moral-stories-for-kids-in-english/)

Cerita Inspiratif lain..

Serigala Biru

Burung Gagak yang Haus

Singa yang Serakah

Penebang Kayu dan Kapak Emas