Hubungan pertemanan tidak selalu berjalan dengan mulus. Bahkan, pertemanan yang sudah sangat dekat sekalipun dapat mengecewakan. Misalnya, ketika kamu baru mengetahui bahwa ternyata teman dekat telah berbohong atau sering membicarakan hal buruk tentangmu.

Kekecewaan yang dirasakan dari teman dekat bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan bahkan mengganggu keseharian. Namun perlu diingat bahwa pengelolaan diri dan bagaimana pulih dari kekecewaan ini merupakan bagian penting bagi pertumbuhan pribadi.

Agar dapat segera pulih dari kekecewaan, mari melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Menerima Emosi yang Dirasakan

Ketika teman dekat melakukan hal tak terduga yang mengecewakan, kamu mungkin saja menyangkal emosi negatif yang kamu rasakan. Hal ini wajar karena kamu kemungkinan masih belum percaya bahwa hal tersebut terjadi.

Maka, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menerima dan memahami emosi negatif yang muncul akibat kekecewaan tersebut. Mengabaikan atau menekan emosi ini justru bisa membuat perasaan menjadi lebih rumit.

Penerimaan emosi negatif sangat penting karena dapat membantu untuk lebih cepat pulih dari pengalaman yang mengecewakan (John, et al, 2015).

2. Menghindari Tindakan Gegabah

Ketika baru saja dikecewakan oleh teman dekat, biasanya kamu dikuasai oleh luapan emosi negatif. Dalam kondisi ini, hindari mengambil keputusan yang kedepannya mungkin dapat disesali. Tindakan yang gegabah bisa saja membuat situasi semakin pelik.

Misalnya, mengatakan hal-hal buruk dalam upaya untuk membalas rasa sakit dari kekecewaan tersebut. Tindakan semacam ini pada dasarnya tidak akan membuat perasaanmu membaik, justru berpotensi membuat kondisi relasi sosial dengan teman tersebut semakin kacau.

Pahamilah bahwa saat emosi sedang meluap, otak memang tidak dapat berpikir dengan jernih. Dengan demikian, kamu harus tetap berhati-hati saat mengekspresikan kekecewaan tersebut.

3. Memberi Waktu pada Diri Sendiri

Kamu mungkin mengalami kesulitan untuk bisa langsung bersikap seolah dalam keadaan baik-baik saja setelah kejadian yang mengecewakan. Hal tersebut wajar, dan sebaiknya kamu dapat memberi waktu pada diri sendiri.

Setiap orang pada dasarnya memiliki kekuatan untuk pulih dari kejadian-kejadian emosional yang menyakitkan. Namun, proses ini bisa bervariasi bagi seorang individu dengan individu lainnya. Waktu yang kamu butuhkan untuk pulih dapat lebih cepat atau lebih lambat dari orang lain yang mengalami kejadian serupa.

Dalam masa pemulihan ini, kamu dapat mencoba kegiatan atau aktivitas yang membuatmu dapat berelaksasi untuk mengelola luapan emosi negatif. Misalnya, berolahraga atau aktivitas lainnya yang kamu sukai.

Walau demikian, memberi waktu juga bukan berarti kamu mengabaikan perasaanmu sendiri. Dalam masa ini, baiknya kamu mempersiapkan diri untuk memaafkan dan menguatkan diri untuk tetap menjadi pribadi yang positif.

4. Berbicara dengan Orang yang Dapat Dipercaya

Penelitian yang dilakukan oleh Sbarra (2019) mengungkapkan bahwa memiliki jaringan sosial yang kuat dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dan membantu dalam mengatasi stres akibat masalah di lingkungan sosial.

Maka, ketika dikecewakan oleh seseorang teman, cobalah untuk berbagi pengalaman ini orang lain yang dapat dipercaya. Hal ini dapat membantu mengurangi beban emosional yang kamu rasakan.

Selain itu, apabila orang kepercayaan ini juga saling mengenal dengan teman yang mengecewakan, ia mungkin dapat berperan menjadi penengah konflik.

5. Berfokus pada Hal yang Bisa Dikontrol

Locus of control (LoC) adalah keyakinan bahwa kita memiliki kendali atas hidup kita sendiri. Hal ini sangat kita butuhkan untuk segera bangkit dari kekecewaan. Cobalah untuk tetap sebagai pemegang kendali penuh atas hidup kita.

Caranya adalah dengan mengalihkan fokus dari hal-hal yang tidak bisa kita kontrol menjadi kepada hal-hal yang bisa kita kontrol. Misalnya adalah bahwa tindakan teman yang mengecewakan tentu tidak dapat kita kontrol. Namun, bagaimana sikap kita saat ini dan kedepannya masih ada dalam kontrol.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Cheng et al. (2017), bahwa memiliki locus of control internal dapat membantu seseorang merasa lebih kuat dan mampu mengatasi tantangan. Termasuk di dalamnya, tantangan dalam relasi sosial.

6. Bersiap Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Setiap pengalaman, termasuk kekecewaan dari teman dekat, dapat menjadi peluang untuk belajar dan tumbuh sebagai individu yang lebih baik.

Penelitian yang dilakukan oleh Thompson, et al (2018) mengemukakan bahwa proses refleksi terstruktur atas pengalaman emosional negatif dapat membantu individu memperbaiki keterampilan adaptasi mereka di masa depan.

Dengan demikian, pahamilah bahwa kejadian mengecewakan tersebut adalah kesempatan untuk melalui proses refleksi hingga kamu menjadi pribadi yang lebih siap untuk menghadapi tantangan berikutnya dalam relasi sosial.

Penutup

Dikecewakan oleh teman dekat adalah hal yang mengejutkan sekaligus menyakitkan. Kejadian seperti ini seringkali tidak dapat dihindari dan dapat membekas seumur hidup.

Walaupun memang hal ini adalah kejadian negatif, kita dapat fokus pada sisi positif dari kekecewaan tersebut. Yaitu, bahwa pulih dari kekecewaan adalah bagian penting dari pertumbuhan pribadi.

(SH)

Daftar Pustaka

Cheng, C., Lau, H. P. B., & Chan, M. P. S. (2014). Coping flexibility and psychological adjustment to stressful life changes: A meta-analytic review. Psychological Bulletin, 140(6), 1582-1607. doi:10.1037/a0037913

John, O. P., & Gross, J. J. (2004). Healthy and unhealthy emotion regulation: Personality processes, individual differences, and life span development. Journal of Personality, 72(6), 1301-1333. doi:10.1111/j.1467-6494.2004.00298.x

Sbarra, D. A. (2019). Divorce and health: Current trends and future directions. Psychosomatic Medicine, 81(2), 188-196. doi:10.1097/PSY.0000000000000670

Thompson, R. W., Arnkoff, D. B., & Glass, C. R. (2018). Conceptualizing mindfulness and acceptance as components of psychological resilience to trauma. Trauma, Violence, & Abuse, 19(1), 35-51. doi:10.1177/1524838015620835

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!