Jakarta – Pendidikan seksualitas perlu disampaikan kepada anak-anak yang akan atau sedang mengalami masa pubertas. Hal ini penting agar mereka dapat membekali dirinya dengan informasi yang akurat tentang berbagai hal yang akan dihadapinya pada saat menjalani masa tersebut. Tak sedikit anak-anak yang masih merasa bingung dan malu bahkan tidak tahu harus bagaimana ketika masa pubertas menghampirinya. Oleh sebab itu, Bimbingan dan Konseling (BK) BPK PENABUR Jakarta berinisiatif untuk memberikan layanan berupa penyampaian Pendidikan Seksualitas. Penyampaian materi kali ini ditujukan untuk siswa-siswi kelas 5 SD. Kebetulan rentang usia mereka berkisar antara 10-11 tahun, sesuai dengan usia dimana biasanya anak-anak mulai memasuki masa pubertas.

Sebelumnya, pada tanggal 15 Maret 2019 telah diadakan sosialisasi kepada orangtua siswa kelas 5 untuk menyamakan persepsi mengenai pentingnya penyampaian Pendidikan Seksualitas. Selain itu disampaikan juga hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh para orangtua untuk mengedukasi dan mendampingi anak-anak selama masa pubertas.

Pada tanggal 21 Maret 2019, siswa siswi kelas 5 SDK 2 PENABUR Jakarta mengikuti penyampaian materi & informasi Pendidikan Seksualitas dari guru BK. Penyampaian materi untuk siswi difasilitasi oleh Ms Maya, sedangkan untuk siswa oleh Mr. Alex. Dalam kegiatan ini, siswa dan siswi ditempatkan secara terpisah. Hal itu bertujuan supaya lebih nyaman dan leluasa ketika sedang membahas dan bertanya mengenai hal-hal yang bersifat privat. Penyampaian materi ini berlangsung dengan baik. Siswa-siswi antusias dalam bertanya serta saling berbagi pendapat.

Penyampaian Materi untuk Siswi oleh Ms Maya (Guru BK SDK 2)

Penyampaian Materi untuk Siswa oleh Mr. Alex (Guru BK SDK Gading Serpong)

Harapan dari kegitan ini, semoga dapat membantu siswa-siswi dalam mempersiapkan dan menjalani masa pubertasnya dengan baik.

Penulis: Galuh Maya (Guru BK SDK 2)

Baca berita kegiatan lainnya: