Unsplash / Milada Vigerova

Sekali waktu, hiduplah seorang petani yang menanam jagung. Ia selalu menjadi pemenang penghargaan  atas jagung yang berkualitas tinggi. Setiap tahun ia akan masuk ke pameran petani negara bagian dan memenangkan penghargaan emas untuk hasil ladangnya yang sangat bagus itu.

Jagung berkualitas tinggi si petani dipuji di seluruh negara bagian. Kisah sukses jagungnya yang luar biasa mencapai telinga seorang jurnalis dan dia ingin mewawancarai petani itu. Ketika dia belajar tentang proses pertanian petani, dia menemukan bahwa petani tersebut membagikan benih kualitas terbaiknya pada para tetangganya.

“Bagaimana Anda bisa membagikan benih jagung terbaik Anda dengan tetangga Anda ketika beberapa dari mereka bersaing dengan Anda di pekan raya pertanian?” Tanya reporter yang penasaran.

“Mengapa saya tidak perlu Pak?” Petani tersebut bertanya balik. “Tidak tahukah kamu, bahwa angin mengambil serbuk sari dari jagung yang masak dan memutarnya dari ladang ke ladang. Jika tetangga saya menanam jagung dengan kualitas lebih rendah, penyerbukan silang pada akhirnya akan menurunkan kualitas jagung saya juga. Jika saya ingin menanam jagung berkualitas tinggi, saya harus membantu tetangga saya menanam jagung yang baik juga.”

Jawaban petani membuat reporter menyadari betapa sadar petani tua itu tentang koneksi dalam kehidupan.

sss

Moral: Kisah ini sering kita alami dengan hidup kita. Mereka yang memilih untuk hidup dalam damai harus membantu orang lain di sekitar mereka untuk hidup dalam damai juga. Orang yang ingin dicintai, pertama-tama harus belajar untuk mencintai orang lain juga. Orang yang memilih untuk hidup dengan baik harus membantu membuat orang lain hidup dengan baik juga. Karena nilai kehidupan diukur oleh kehidupan yang disentuh seseorang. Mereka yang memilih untuk berbahagia harus membiarkan orang lain menemukan kebahagiaan mereka karena kesejahteraan masing-masing terkait dengan kesejahteraan semua orang.

Sumber: alltimeshortstories.com (dengan penyesuaian)

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! Klik disni

Baca cerita inspiratif lainnya: