Unsplash / Humam

Orang Jepang selalu menyukai ikan segar. Namun, perairan dekat Jepang belum memiliki banyak ikan selama beberapa dekade. Para nelayan harus pergi lebih jauh ke tengah laut untuk menangkap ikan bagi mereka. Kapal penangkap ikan menjadi semakin besar dan lebih besar. Semakin jauh para nelayan pergi untuk mencari ikan, semakin lama waktu yang mereka butuhkan untuk membawa ikan hingga menepi ke daratan. Jadi pada saat mereka mencapai pasar, ikan-ikan itu tidak lagi segar.

Untuk mengatasi masalah ini, nelayan memasang freezer di kapal mereka. Mereka akan membekukan ikan yang ditangkap di dalamnya. Ini membantu dalam menjaga kesegaran ikan untuk jangka waktu yang lebih lama. Tetapi kesegaran seperti yang diinginkan orang – orang Jepang ternyata tidak dapat dipertahankan dengan cara ini. Harga ikan beku mulai turun.

Kemudian, para nelayan yang khawatir memasang tangki ikan di kapal. Mereka akan menangkap ikan dan menyimpannya hidup-hidup di dalam tangki. Ikan-ikan itu akan berlarian sedikit tetapi berhenti bergerak sesudahnya. Mereka tidak mati, hanya lelah dan bosan. Sayangnya, ikan – ikan yang demikian tidak terasa segar.

Jadi bagaimana para nelayan Jepang memecahkan masalah? Untuk menjaga ikan tetap segar dan hidup sepanjang perjalanan, para nelayan menambahkan hiu kecil di tangki ikan mereka. Hiu akan makan beberapa ikan, tetapi masih banyak yang tersisa dalam keadaan hidup dan segar ketika mereka sampai di pasar. Hiu menciptakan tantangan bagi ikan – ikan dan membuat mereka tetap aktif sepanjang perjalanan.

sss

Moral: Hidup menjadi tumpul ketika terlalu mudah, yaitu ketika kita hidup tanpa tantangan. Tantangan yang membantu kita tumbuh dan membuat kita tetap hidup. Jadi kita harus mempertimbangkan masalah dan tantangan sebagai motivator untuk bergerak maju dalam kehidupan. Tanpa tantangan, kita menjadi puas diri, hidup menjadi membosankan dan tanpa tujuan

Manusia tumbuh subur, anehnya, hanya di lingkungan yang menantang. ”- L. Ron Hubbard

Sumber: alltimeshortstories.com (dengan penyesuaian)

Baca cerita inspiratif lainnya

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!