Proses mendampingi tumbuh kembang anak oleh orangtua tidak selalu mudah. Ada kalanya orangtua menemui kesulitan, misalnya saat prestasi anak di sekolah yang menurun, hingga kesulitan-kesulitan baru yang muncul ketika orangtua merasa tidak mampu memahami perubahan yang dialami anak. Adanya berbagai portal di internet memang memudahkan para orangtua untuk mengakses tips-tips untuk menyelesaikan kesulitannya. Namun bagaimana jika orangtua merasa membutuhkan diskusi?

Orangtua dapat berdiskusi dengan Guru BK

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) BPK PENABUR Jakarta bertugas di jenjang SD, SMP, SLTA, dan Internasional. Tugas utama guru BK adalah konseling siswa. Selain itu, guru BK juga memberikan bimbingan klasikal di kelas, antara lain menyampaikan materi mengenai pendidikan seksualitas, bimbingan karir, sosial, pribadi, dan bimbingan belajar.

Penyampaian bimbingan klasikal oleh guru BK di kelas

Pada dasarnya, guru BK tidak hanya terbuka menerima kehadiran siswa yang ingin bercerita atau konseling. Guru BK juga menerima kehadiran orangtua siswa. Hal ini dilakukan sebagai wujud kerjasama antara orangtua dan pihak sekolah dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Dalam sesi konsultasi orangtua dan guru BK, kedua belah pihak dapat berbagi informasi dan berdiskusi mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi anak atau orangtua.

Sesi konsultasi orangtua siswa dengan guru BK

Ms Yenny Mangoendaan, guru BK SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta menuturkan, banyak orangtua siswa yang datang untuk konsultasi mengenai pilihan perguruan tinggi. Selain itu, proses peralihan siswa dari SD ke SMP dan SMP ke SLTA juga seringkali membuat orangtua kesulitan. Anak-anak mengalami perubahan perilaku sehingga orangtua merasa memerlukan diskusi lebih lanjut dengan guru BK yang menangani anaknya di sekolah.

Di sisi lain, Ms Yuliana, Kepala Seksi BK & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta, menyampaikan bahwa kebanyakan orangtua yang datang untuk konsultasi berkaitan dengan nilai atau prestasi di sekolah. Selain itu, masalah perilaku anak di rumah, pergaulan, kepribadian, sekolah lanjutan, hingga cara mengembangkan bakat atau potensi anak juga adalah hal kerap didiskusikan dalam sesi konsultasi.

Bagaimana membuat janji konsultasi?

Orangtua yang membutuhkan konsultasi dengan guru BK dapat langsung membuat janji temu dengan guru BK yang menangani anaknya di sekolah. Bentuk kerjasama antara orangtua dan pihak sekolah ini diharapkan memberikan dampak positif bagi semua pihak.

Papa Mama, jangan sungkan untuk konsultasi dengan guru BK ya!

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Baca informasi mengenai layanan Seksi BK & Psikoedukatif lainnya:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini