Belajar sambil Bermain di Terapi Edukatif – BPK PENABUR Jakarta

Layanan Terapi Edukatif adalah salah satu dari dua layanan yang disediakan di Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta. Layanan ini disediakan khusus untuk membantu siswa-siswi TK dan SD BPK PENABUR Jakarta yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Siswa dan siswi yang belajar disini sebelumnya dirujuk oleh guru BK untuk mengikuti terapi agar dapat mengoptimalkan proses belajar di sekolah.

Proses terapi yang diikuti oleh siswa dan siswi disini dirancang agar berjalan dengan menyenangkan. Tidak selalu berkaitan dengan buku dan alat tulis, siswa – siswi juga belajar dengan berbagai macam mainan yang disediakan. Terapis yang bertugas mendampingi siswa – siswi belajar adalah terapis profesional dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang kerjanya.

Proses Terapi di Terapi Edukatif – BPK PENABUR Jakarta

sss

Selain mengikuti terapi yang telah dijadwalkan rutin, siswa-siswi juga mengikuti kegiatan kebersamaan yaitu perayaan Natal, perayaan Paska, dan Apresiasi Siswa. Dalam kegiatan kebersamaan ini, siswa-siswi tidak hanya duduk mendengarkan cerita Alkitab, tetapi juga terlibat aktif. Bukti keterlibatan siswa antara lain adalah sebagai MC dengan didampingi oleh terapis serta menjadi pengisi acara dengan mempersembahkan pujian. Selain itu siswa juga terlibat dalam aktifitas kreatif yang memang dirancang sesuai dengan tema kegiatan.

Kegiatan Apresiasi Siswa adalah kegiatan yang paling spesial dari ketiga kegiatan kebersamaan ini. Tujuan kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang untuk memberikan apresiasi atas prestasi yang dicapai siswa – siswi selama satu tahun pelajaran dalam mengikuti terapi. Dalam kegiatan ini siswa dan orangtuanya menjadi satu tim yang harus bekerjasama untuk menyelesaikan tugas. Seperti pada Kegiatan Apresiasi Siswa yang baru saja terselenggara pada 20 Juni 2019 lalu, ada empat tugas yang diselesaikan bersama-sama. Tugas tersebut antara lain: menyelesaikan puzzle, melempar dan menangkap bola, menyebrangi ‘sungai’ dengan memindahkan batu pijakan secara estafet, serta memindahkan bola dengan salah satu kaki diikat ke kaki patner tim. Kegiatan kebersamaan seperti ini sangat penting bagi anak maupun orangtua. Tidak hanya sebagai kesempatan untuk bermain bersama, orangtua dan anak menjadi lebih terbiasa untuk berkomunikasi untuk bekerjasama.

Aktifitas Kreatif dalam Kegiatan Apresiasi Siswa Terapi Edukatif 2019

Salah satu siswi terlibat sebagai MC dalam Perayaan Paskah Terapi Edukatif 2019

Aktifitas kreatif berkelompok dalam Perayaan Natal Terapi Edukatif 2018

Papa Mama dapat menghubungi Layanan Terapi Edukatif jika memerlukan informasi lebih lanjut. Klik disini!

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)