Bekasi – Pendidikan adalah sarana menuntut ilmu untuk bekal masa depan. Khususnya para pelajar muda yang mempunyai semangat tinggi dalam belajar agar mampu bersaing dalam era perkembangan yang semakin maju. Terlebih juga karena pelajar mempunyai peran sebagai agent of change di tengah masyarakat. Melihat kenyataan yang demikian, nampaklah pentingnya pemahaman tentang makna sebuah pendidikan guna terbentuknyanya generasi muda yang mempunyai intelektual, loyalitas, dan berdedikasi tinggi, serta kritis dalam menghadapi setiap perubahan untuk menuju dunia kerja.

Sebagai pelajar tentu saja pendidikan menjadi suatu elemen penting bagi proses pendewasaan. Pendidikan juga berwujud dalam suatu tindakan konkret dimana sebagai pelajar harus mengemban tugas belajar tersebut melalui sarana pendidikan yang tersedia. Salah satu cara untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu pada tanggal 8-9 september 2017 yang lalu SMAK PENABUR Harapan Indah  menyelengarakan kegiatan Edufair dengan tujuan memberikan bekal kepada siswa siswi SMAK PENABUR Harapan Indah dalam rangka mempersiapkan diri dalam pemilihan studi lanjut setelah tamat SMA.

Kegiatan Edufair ini diawali dengan kata sambutan dari Ibu Rugun D S Tampubolon, M.Pd selaku Kepala SMAK PENABUR Harapan Indah, dilanjutkan oleh Bapak Bambang sebagai wali penghubung, dan Raine sebagai Ketua Edufair. Acara pembukaan Edufair diisi oleh 2 band dengan 2 lagu tiap band dan penampilan modern dance oleh siswa kelas 10. Nampak para siswa siswi mengikuti acara pembukaan Edifair ini dengan semangat dan antusias. Tema dari kegiatan Edufair atau Education Fair 2017 ini adalah “GRAVITY” (Get Ready to Add Virtue Initiative Target Yield).

Edufair kali ini diikuti oleh 44 perguruan tinggi swasta yang berada di Jabodetabek dan Jawa barat, serta 5 Perguruan Tinggi Negeri yang terdiri dari ITB, UNPAD, UI, STIP, IPB. Dalam kegiatan ini siswa siswi SMAK PENABUR Harapan Indah dapat mencari informasi mengenai Perguruan Tinggi yang diminati sesuai dengan keinginan, bakat, dan minat yang dimiliki. Selain membuka stand pendidikan panitia juga menyediakan 15 presentasi dari perguruan tinggi agar siswa dan siswi mendapatkan informasi lebih lengkap.

Pada hari kedua, tanggal 9 September 2017, kegiatan Edufair disertai dengan Career Day yang biasa diadakan dua tahun sekali. Kegiatan Career day ini diikuti oleh siswa dan siswi kelas 11 dan 12. Dalam kegiatan career day disediakan 14 ruangan yang akan memberikan penjelasan berbeda sesuai dengan jurusan yang diminati. Di setiap ruangan disediakan praktisi yang menjelaskan lebih terperinci mengenai jurusan tertentu. Dengan diadakannya kegiatan Edufair dan Career day ini, siswa siswi diharapkan mendapat pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dan mulai menentukan jurusan apa yang akan mereka pilih nantinya.

Informasi mengenai beasiswa 100% untuk kuliah di perguruan tinggi juga disajikan dalam presentasi dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini. Mengingat prestasi yang telah banyak diraih oleh siswa-siswi SMAK PENABUR Harapan Indah, bukan tidak mungkin akan ada banyak siswa yang berhasil di jalur beasiswa.

Demikian gambaran kegiatan Edufair yang telah berjalan di SMAK PENABUR Harapan Indah. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan siswa dan siswi semakin terbuka wawasannya mengenai studi lanjut yang akan mereka tempuh setelah lulus dari SMAK PENABUR Harapan Indah sesuai dengan profil lulusan yang ada di SMAK PENABUR yaitu profil “BEST” (Be Tought, Excel Worldwide, Share with Society and Trust In God).

Penulis: Yulius Hery Prasetya Wibawa (Guru BK SMAK PENABUR Harapan Indah)