Jakarta – SMPK 4 PENABUR Jakarta telah mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) topik 1 pada hari Sabtu, 16 September 2017 yang lalu. Topik yang dibahas dalam KKO kali ini yaitu “Memenangkan Hati Anak Anda”. Topik ini membahas tentang peran orang tua dalam mendidik dengan cara yang tidak membuat anak merasa terbeban dan bagaimana cara orang tua membangun kepercayaan dari anak.

Pada masa ini, begitu banyak orang tua yang mengaku kesulitan dalam mendidik anak mereka. Tidak sedikit orang tua yang mengeluh tentang anaknya yang pendiam, asik sendiri dengan dunianya, bahkan ada juga yang pemberontak. Ternyata perilaku tersebut muncul karena anak mulai menyaring perkataan dan perilaku orang tua. Beberapa hal yang kurang disukai anak akan diabaikannya atau bahkan dikomentarinya dengan nada dan gaya bicara yang sulit diterima oleh orangtua pada umumnya. Oleh sebab itu, pada KKO kali ini yang dibawakan oleh Ibu Patricia (Guru BK SMPK 2 PENABUR Jakarta), menyampaikan kepada oran gtua mengenai sikap perilaku dan perkataan orang tua yang sesuai dengan perkembangan anak masa kini. KKO Topik 1 ini juga memaparkan tentang beberapa jenis pola asuh yang ada dan mana yang baik untuk di terapkan atau tidak, seperti pola asuh otoriter, permissive, neglected, dan demokratis.

Dengan adanya kegiatan KKO diharapkan orang tua dapat menemukan pola asuh yang tepat  untuk anak. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 dan dihadiri oleh 80 orang tua siswa sebagai peserta. Orang tua mendengarkan dengan baik, dan aktif mengajukan pertanyaan maupun mengutarakan pendapat.

Penulis: Juliana Hariyanto (Guru BK SMPK 4 PENABUR Jakarta)