Cibubur – Pada hari Sabtu, 4 November 2017 yang lalu, SDK PENABUR Kota Wisata mengadakan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) Level 1 Pertemuan I. Topik yang dibahas dalam pertemuan ini adalah “Anak Penurut, Penakut, atau Pemberontak” yang dibawakan oleh Ibu Bernadette Rusmini – Guru Bimbingan dan Konseling SMAK 7 PENABUR Jakarta. KKO ini dilaksanakan mulai pukul 8.00 pagi hingga pukul 10.00 pagi dan dihadiri oleh 120 orang tua peserta siswa dari kelas 1 dan 2. Dalam membawakan materinya pada pertemuan ini, Ibu Bernadette menggunakan metode sharing dan tanya-jawab mengenai pengalaman orang tua siswa dalam mengasuh anak.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa anak merupakan anugerah yang Tuhan percayakan pada kita untuk dipelihara secara fisik, dididik/dilatih kejiwaan dan rohaninya sampai ia dewasa. Kita sebagai orang tua juga wajib membentuk karakter yang bermoral dengan menanamkan pendidikan moral kepada anak.

Untuk membesarkan anak yang bermoral, orang tua perlu merujuk pada prinsip Alkitabiah; dimana Firman Tuhan menjadi landasan utamanya. Selain itu, membentuk sikap hati anak juga diperlukan dalam membesarkan anak bermoral, sebab hati merupakan pusat kehidupan (Ams 4:23 dan Mat 12:34-35).

Dalam membawakan materi mengenai anak penurut, penakut atau pemberontak ini, Ibu Bernadette juga menerangkan bahwa untuk menumbuhkan moralitas pada anak, dapat dilakukan dengan cara bertindak moral – bagaimana melakukan yang baik dan berpikir moral – mengapa ia harus melakukan.

Penulis: Gita Gafiratri (Guru BK SDK PENABUR Kota Wisata)