Sumber gambar : LifeWay

Pada suatu hari, ada dua tetangga yang tinggal bersebelahan. Salah satunya adalah seorang pensiunan guru dan yang lain adalah agen asuransi yang memiliki banyak minat dalam teknologi. Keduanya menanam tanaman yang berbeda di kebun mereka. Guru yang sudah pensiun itu memberi sejumlah kecil air ke tanamannya dan tidak selalu memberikan perhatian penuh kepada tanaman-tanaman itu, sementara tetangga yang tertarik pada teknologi, memberi banyak air untuk tanamannya dan merawatnya dengan baik.

Tanaman pensiunan guru itu sederhana tapi kelihatannya bagus. Sedangkan tanaman agen asuransi jauh lebih rimbun dan lebih hijau. Suatu hari, pada malam hari, ada hujan lebat dan angin karena badai kecil. Keesokan paginya, kedua tetangga keluar untuk memeriksa kerusakan kebun mereka. Tetangga yang merupakan agen asuransi melihat bahwa tanamannya terlepas dari akarnya dan benar-benar hancur. Namun, tanaman pensiunan guru itu tidak rusak sama sekali dan berdiri teguh.

Si agen asuransi terkejut melihatnya, dia mendatangi pensiunan guru itu dan bertanya, “Kita berdua menanam tanaman yang sama, saya benar-benar merawat tanaman saya lebih baik daripada tanaman Anda, dan bahkan memberi mereka lebih banyak air. Namun, tanaman saya lepas dari akarnya, sementara tanaman Anda tidak. Bagaimana mungkin?

Guru yang sudah pensiun itu tersenyum dan berkata, “Anda memberi tanaman lebih banyak perhatian dan air, tetapi karena itu mereka tidak perlu bekerja sendiri untuk itu. Anda membuatnya mudah bagi mereka. Sementara saya memberi mereka jumlah air yang cukup dan biarkan akar mereka mencari lebih banyak. Dan, karena itu, akar mereka semakin dalam dan itu membuat posisi mereka lebih kuat. Itu sebabnya tanaman saya selamat”.

Moral: Kisah ini tentang pengasuhan di mana anak-anak itu seperti tumbuhan. Jika semuanya diberikan kepada mereka, mereka tidak akan memahami kerja keras yang diperlukan untuk mendapatkan hal-hal itu. Mereka tidak akan belajar untuk bekerja sendiri dan menghormatinya. Terkadang lebih baik untuk memandu mereka daripada memberi mereka. Ajarkan mereka cara berjalan, tetapi biarkan mereka mengikuti jalan mereka.

sumber: www.moralstories.org/ (dengan penyesuaian)