Jakarta – Setiap anak memiliki keunikannya sendiri. Baik orangtua maupun guru, terkadang mengalami kesulitan dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Ada anak yang terus bergerak dan tak bisa duduk tenang, juga ada anak yang terlalu pendiam. Bagaimana cara yang tepat untuk mendampinginya agar anak dapat tetap tumbuh dan berkembang dengan optimal?

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru BK, seksi BK & Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta telah mengadakan pelatihan Penanganan Anak berkebutuhan khusus untuk guru BK jenjang SD. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini diadakan pada Selasa dan Rabu, 27-28 November 2018. Materi pelatihan dibawakan oleh Ibu Lieke Handoko dan Ibu Yulianita, yang adalah Terapis di Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta.

Pada pelatihan ini, disampaikan tipe-tipe kebutuhan khusus anak beserta ciri dan trik penanganannya. Para guru BK juga belajar untuk memenangkan hati anak dengan cara kreatif, misalnya dengan bermain origami, serta trik untuk menerapkan reward dan punishment untuk membangun kebiasaan positif anak. Para guru BK juga berkesempatan untuk bertanya dan berbagi pengalamannya dalam menangani anak-anak unik yang berkebutuhan khusus.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan dan meningkatkan kompetensi para guru BK SD dalam mendampingi tumbuh kembang siswa-siswi BPK PENABUR Jakarta. (SH)

Penyampaian Materi oleh Ibu Lieke Handoko / dokumentasi pribadi

Aktivitas Origami / dokumentasi pribadi

Penyampaian Materi oleh Ibu Yulianita / dokumentasi pribadi

Diskusi Kelompok / dokumentasi pribadi

Role Play (Mendengarkan dan Memuji) / dokumentasi pribadi

Ice Breaking / dokumentasi pribadi

 

Berita kegiatan pelatihan guru BK lainnya dapat dilihat disini.