dokumentasi pribadi

Jakarta – Dari waktu ke waktu, masalah perilaku dan emosi yang ditampilkan oleh anak-anak makin beragam. Guna menghadapi tantangan ini, BPK PENABUR Jakarta memperlangkapi semua guru BK SD dengan pelatihan “Pendekatan Bermain dalam Konseling untuk Membantu Masalah Perilaku dan Emosi Anak”. Pelatihan ini difasilitasi oleh Ibu Kurnia Mega., M.Psi, Psikolog dari Biro Psikologi PEACE. Pelatihan diadakan di SDK 2 PENABUR Jakarta, pada hari Selasa 23 Oktober 2018.

Dunia anak adalah dunia bermain. Inilah alasan mengapa pendekatan bermain adalah tepat digunakan untuk membantu anak-anak. Anak-anak seringkali kesulitan atau terlalu takut untuk mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Melalui bermain anak-anak dapat mengungkapkan maksud sadar ataupun tak sadarnya dengan “cara” sehari-harinya, yaitu bermain. Dengan demikian, para guru BK pun dapat lebih mudah untuk memberikan bantuan karena lebih mudah menangkap apa yang dibutuhkan oleh anak.

Metode yang digunakan dalam pelatihan inipun cukup beragam. Mulai dari pemaparan teori, pemilihan dan penggunaan berbagai mainan sebagai alat bantu, hingga membuat lukisan sebagai alat bantu untuk konseling grup. Para peserta mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan dengan sangat antusias, beberapa diantaranya bertanya dan sharing pengalaman sehingga satu sama lain semakin memperkaya pengetahuan.

Pada dasarnya tak hanya satu kali ini saja BPK PENABUR Jakarta mengadakan pelatihan untuk para guru BK. Berbagai pelatihan untuk guru BK dari Jenjang SD, SMP, dan SLTA rutin diadakan tiap tahun dengan berbagai materi yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan.

penyampaian materi / dokumentasi pribadi

pemilihan alat bantu / dokumentasi pribadi

penggunaan alat bantu / dokumentasi pribadi

Membuat topeng / dokumentasi pribadi

topeng / dokumentasi pribadi

hasil lukisan / dokumentasi pribadi

penyampaian refleksi akhir / dokumentasi pribadi

Baca berita pelatihan lainnya: