Suatu ketika ada seorang bocah kecil bernama Shankar. Dia berasal dari keluarga miskin. Suatu hari, dia menyeberangi hutan membawa beberapa kayu. Dia melihat seorang lelaki tua yang sangat lapar. Shankar ingin memberinya beberapa makanan, tetapi dia bahkan tidak memiliki makanan untuk dirinya sendiri. Jadi dia melanjutkan perjalanannya. Dalam perjalanannya, ia melihat seekor rusa yang sangat haus. Dia ingin memberinya air, tetapi dia juga bahkan tidak memiliki air untuk dirinya sendiri. Jadi dia melanjutkan perjalanannya.

Kemudian dia melihat seorang pria yang ingin membuat perkemahan tetapi dia tidak memiliki kayu. Shankar menanyakan masalahnya dan memberikan beberapa kayu padanya. Sebagai imbalannya, dia memberinya beberapa makanan dan minuman. Kemudian dia kembali ke lelaki tua itu dan memberinya beberapa makanan dan memberikan air ke rusa itu. Lelaki tua dan rusa itu sangat bahagia. Shankar dengan senang hati melanjutkan perjalanannya.

Namun, suatu hari Shankar jatuh dari bukit. Dia kesakitan tetapi dia tidak bisa bergerak dan tidak ada orang di sana untuk membantunya. Tiba-tiba, lelaki tua yang dia bantu sebelumnya melihatnya, dia segera datang dan menariknya ke atas bukit. Shankar memiliki banyak luka di kakinya. Rusa yang telah diberi air oleh Shankar itu melihat luka-lukanya dan dengan cepat pergi ke hutan dan membawa beberapa tumbuhan. Setelah beberapa waktu lukanya tertutup. Semua sangat senang karena mereka dapat saling membantu.

Moral: Jika Anda membantu orang lain, maka mereka juga akan membantu Anda.

Sumber: www.moralstories.org

Temukan cerita inspiratif lainnya disini.