Pembukaan oleh Bp Thomas Kristo (Ka SMAK Kota Tangerang)

Tangerang – Tak dapat dipungkiri bahwa semua aspek kehihupan sekarang telah didigitalisasi. Oleh karena itu pendampingan anak di era digital ini penting sekali dilakukan oleh orangtua untuk mendukung keberhasilan tumbuh kembang anak.

SMAK PENABUR Kota Tangerang pada tanggal 9 Februari 2019 mengadakan kegiatan Parents Cell Group  (PCG) yang ketiga dengan tema “Komunikasi yang Efektif Antara Orangtua dan Anak di Era Digital” . PCG ini difasilitasi oleh Ibu Dra. Bernadette Rusmini, guru BK SMAK 7 PENABUR Jakarta. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00 –  10.00 WIB dan diikuti oleh orangtua siswa yang jumlahnya sekitar 20 orang.

Pada kegiatan ini dibahas mengenai bagaimana melakukan pendampingan kepada anak di era digital. Di era digital ini sebagai orangtua perlu melakukan pendampingan yang lebih maksimal. Fasilitator memberikan tips-tips serderhana seperti meluangkan waktu untuk bersama anak, menjadi teladan bagi anak, menciptakan kesempatan untuk berkomunikasi satu sama lain, bahkan jika perlu orangtua bisa membuat/ menerapkan sebuah tradisi dalam keluarga seperti berlibur bersama. Orangtua dan anak juga diharapkan dapat saling menjaga privasi sekaligus saling mendukung hobi.

Cara-cara serderhana seperti ini membuat komunikasi antara orangtua dan anak menjadi efektif dan anak merasakan kehangatan dalam keluarga. Hal ini juga akan meminimalkan kemungkinan anak akan terarah ke hal-hal negatif (obat-obatan terlarang, sex bebas). Seluruh orangtua peserta PCG ini mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan sangat antusias.

Penyampaian materi oleh Ibu Bernadette Rusmini

Penyampaian materi oleh Ibu Bernadette Rusmini

Foto Bersama

Penulis: Stefanus Pitra (Guru BK SMAK Kota Tangerang)

Baca berita kegiatan parenting lainnya: