Jakarta – Pada hari Sabtu, 24 November 2018 Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO) SMPK 7 PENABUR Jakarta  kembali menyelenggarakan pertemuan. Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua dari empat pertemuan yang akan dilaksanakan Tahun Pelajaran 2018/2019 ini. Pertemuan  sebelumnya sudah dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018 dengan tema “Memenangkan Hati Anak”.

Pertemuan KKO kali ini difasilitasi oleh Ibu Yuliah Ratna Triastuti, S.Psi (Guru BK SMPK PENABUR Summarecon Bekasi) dengan tema “Remajaku Tangguh Menghadapi Pengaruh”. Pertemuan ini berlangsung dari pukul 08.00-10.00 dan dihadiri oleh 43 orang tua dari 40 siswa kelas 7.

Ibu Diaz, sapaan Ibu Yuliah Ratna Triastuti, mengajak para orangtua untuk melihat berbagai hal yang sedang terjadi di lingkungan anak dan seberapa besar pengaruhnya untuk perkembangan anak. Hal tersebut antara lain perkembangan teknologi, gadget, peer group dan interaksi didalam keluarga yang dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif bagi anak. Selain itu Ibu Diaz juga mengajak para orangtua untuk melihat apa yang sedang terjadi pada diri anak secara bilogis dan psikologis sebagai seorang remaja. Demikian orang tua dapat memahami ‘gejolak’ yang sedang anak remaja-nya alami. Secara garis besar, pengaruh utama yang membentuk perilaku remaja adalah pengaruh biologis, moral, dan  tekanan kelompok.

Setelah penyampaian materi Ibu Diaz mengarahkan orangtua untuk duduk secara berkelompok dan saling berbagi cerita terkait permasalahan yang sedang dihadapi oleh anak dan bagaimana peran orangtua didalamnya.

Pertemuan KKO tahun pelajaran ini masih akan dilangsungkan dua kali lagi, semoga semakin banyak orangtua siswa yang datang untuk belajar dan berbagi cerita tentang perkembangan dan permasalahan yang dihadapi anak agar terjalin kerja sama yang baik antara orangtua dan sekolah.

Penyampaian Materi oleh Ibu Diaz / dokumentasi pribadi

Sharing dalam kelompok / dokumentasi pribadi

Sharing dalam kelompok / dokumentasi pribadi

Penulis: Margaretha Yobella (Guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta)